DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN PASIEN SKIZOFRENIA DI KOMUNITAS PEDULI SKIZOFRENIA INDONESIA (KPSI) KOTA BANDUNG

Dini Nadila, 142020040 (2018) DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN PASIEN SKIZOFRENIA DI KOMUNITAS PEDULI SKIZOFRENIA INDONESIA (KPSI) KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Image
2018-03-01 11-20-02_0388.jpg

Download (164kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
COVER DINI FIX.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Dukungan Sosial Keluarga dalam Pendampingan pasien Skizofrenia di Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Kota Bandung”. Dukungan sosial keluarga merupakan adanya transaksi interpersonal yang ditunjukan dengan memberikan bantuan pada individu lain, dimana bantuan itu umumnya diperoleh dari orang yang berarti bagi individu yang bersangkutan. Dukungan sosial dapat berupa pemberian informasi, bantuan tingkah laku, ataupun materi yang didapat dari hubungan sosial akrab yang dapat membuat individu merasa diperhatikan, bernilai dan dicintai. Dukungan sosial keluarga sangat mempe ngaruhi kesembuhan pasein skizofrenia sehingga mengurangi kekambuhan. Skizofrenia merupakan kelompok gangguan psikosis atau psikotik yang ditandai terutama oleh distorsi-distorsi mengenai realitas, juga sering terlihat adanya perilaku menarik diri dari interaksi sosial, serta disorganisasi dan fragmentasi dalam hal persepsi, pikiran, dan kognisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan deskripsi singkat tentang dukungan sosial keluarga dalam pendampingan pasein skizofrenia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualittatif. Pengumpulan data menggunakan: 1) Wawancara mendalam, 2) Observasi non partisipan. Informan kunci pada penelitian ini adalah keluarga dari pasein skizofrenia yang berjumlah 4 orang. Sementara informan tambahan terdiri dari 2 orang pasein skizofrenia, 1 orang psikiater, dan 3 orang pengurus KPSI. Penelitian ini menunjukan bahwa informan dari keluarga pasein skizofrenia yang pertama kurang memberikan dukungan sosial yang diperlukan oleh pasein. Sementara dukungan sosial keluarga dari pasein skizofrenia yang kedua memberikan dukungan yang baik dan cukup kepada pasein. Dimana keluarga dari pasein yang pertama memberikan dukungan sosial dalam bentuk 1) Dukungan emosional berupa: empati, kepedulian, kasih sayang dan perhatian. 2) Dukungan instrumental. Sementara bentuk dukungan lainnya tidak. Kemdudian keluarga dari pasein yang kedua memberikan dukungan sosial dalam bentuk 1) Dukungan emosional berupa: empati, kepedulian, kasih sayang, dan perhatian. 2) Dukungan penghargaan berupa: ungkapan pujian, 3) Dukungan instrumental berupa: bantuan langsung berupa materi, 4) Dukungan informatif berupa: Informasi, nasehat dan saran. Rekomendasi dirujuk untuk perbaikan kerjasama antara keluarga, pasein skizofrenia, Psikiater dan lembaga KPSI. Kata Kunci: Dukungan sosial keluarga, skizofrenia, psikiater, pengurus KPSI.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Mar 2018 04:39
Last Modified: 01 Mar 2018 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33705

Actions (login required)

View Item View Item