TANGGUNGJAWAB HUKUM RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA KALIDERES TERHADAP PASIEN GAWAT DARURAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN JO. UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS)

Maelani, 141000228 (2018) TANGGUNGJAWAB HUKUM RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA KALIDERES TERHADAP PASIEN GAWAT DARURAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN JO. UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
J. BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
N. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
M. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
K. BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
L. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
H. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I. BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu bagian yang penting bagi semua umat manusia dalam menjalankan setiap aktifitasnya. Kesehatan diartikan sebagai suatu keadaan yang sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskriftif Analisis dengan pendekatan yuridis normatif yaitu: menggambarkan dan menguraikan secara sistematika semua permasalahan, kemudian menganalisis yang bertitik tolak pada peraturan yang ada, sebagai Undang-Undang yang berlaku, dan dilanjutkan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian ke lapangan serta teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan, selanjutnya data yang sudah diperoleh di analisis secara yuridis kualitatif untuk mengungkap realita yang ada berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh berupa penjelasan mengenai permasalahan yang dibahas Kekurang hati-hatian Rumah Mitra Keluarga dalam menangani pasien gawat darurat mengakibatkan timbulnya Tanggung jawab dengan unsur kesalahan (kesengajaan dan kelalaian) sebagaimanapun terdapat dalam Pasal 1365 KUHPerdata, Tanggung jawab dengan unsur kesalahan khususnya kelalaian sebagaimana terdapat dalam Pasal 1366 KUHPerdata, Tanggung jawab mutlak (tanpa kesalahan) sebagaimana terdapat dalam Pasal 1367 KUHPerdata. Akibat hukum Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan menjelaskan, “Setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan”. Sesuai dengan pasal 188 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Menteri Kesehatan dapat mendelegasikan kewenangannya kepada Dinas Kesehatan untuk memberikan sanksi terhadap Fasilitas Kesehatan yang melanggar ketentuan dalam Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Kata Kunci : Hukum Kesehatan, Rumah Sakit, Tanggungjawab Hukum, Akibat Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:32
Last Modified: 01 Mar 2018 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33697

Actions (login required)

View Item View Item