PENYELENGGARAAN LOMBA SEPEDA INTERNASIONAL TOUR DE SINGKARAK TAHUN 2016 DAN PENGARUHNYA TERHADAP PARIWISATA SUMATERA BARAT

Firman Budi Perwira, 132030133 (2018) PENYELENGGARAAN LOMBA SEPEDA INTERNASIONAL TOUR DE SINGKARAK TAHUN 2016 DAN PENGARUHNYA TERHADAP PARIWISATA SUMATERA BARAT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover.rtf

Download (76MB)
[img] Text
Bab-2.rtf

Download (211kB)
[img] Text
Abstrak.rtf

Download (134kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
Bab-1.rtf

Download (773kB)

Abstract

Tour de Singkarak yang sudah mandiri dengan sponsornya, dari enam etape, semuanya jadi trending topic. Pendapatan dari wisatawan yang datang memang tidak bisa dipastikan secara langsung, tapi Pemda Sumatera Barat mendapatkan promosi yang begitu besar dan disorot media nasional dan luar hingga, kini kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Barat menempati urutan keempat tahun 2017 setelah Bali, Batam, dan Lombok. Sumatera Barat menyuplai 7,5 persen dari total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2016. Sport tourism beberapa tahun belakangan ramai digelar untuk mempromosikan pariwisata diberbagai daerah Indonesia. Ragam kompetisi olahraga internasional yang mulai rutin digelar antara lain Ironman di Bintan, Tour de Flores, Tour de Singkarak, hingga lomba selancar dan paralayang Sebagai acuan terhadap masalah penelitian dikemukakan dalam bentuk premis mayor, antara lain : Hubungan Internasional, Ekonomi Inernasional dan Pariwisata Internasional. Sedangkan premis minornya, antara lain : Industri Pariwisata Indonesia, Obyek Wisata dan event Tour de Singkarak. Kemudian penulis menarik hipotesis : “Dengan dilaksanakan perlombaan sepeda internasional Tour de Singkarak dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Barat”. Uji hipotesis menunjukkan bahwa Tour de Singkarak adalah suatu paduan menarik dan strategis antara gelaran olahraga balap sepeda taraf internasional dengan promosi pariwisata. Tour de Singkarak di Sumatera Barat diharapkan juga akan membawa dampak positif terhadap pariwisata Indonesia dan khususnya di Sumatera Barat. Setelah empat tahun kegiatan ini dilakukan, perlu dikaji mengenai evaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut dan komitmen untuk peningkatan perekonomian dan penurunan angka kemiskinan masyarakat di Sumatera Barat dan juga inovasi-inovasi dalam upaya peningkatan pariwisata melalui Tour de Singkarak. Berdasarkan hipotesis dengan menggunakan metode penelitian dekritif dan historis penulis menarik kesimpulan bahwa, Tour de Singkarak yang merupakan sport tourism yang dilakukan setiap tahun dan merupakan event pariwisata tertinggi di Sumatera Barat karena skala kegiatannya yang internasional. Kegiatan lomba ini diharapkan menjadi penggerak pariwisata di Sumatera Barat. Partisipasi pemerintah setempat merupakan penentu suksesnya kegiatan Tour de Singkarak dan pariwisata Sumatera Barat. Tour de Singkarak akan memperkuat daya tarik Sumatera Barat sebagai The New Tourism Territory. Kata kunci : Tour de Singkarak dan Pariwisata Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: ms Maoudy Nuraeni -uh
Date Deposited: 01 Mar 2018 01:05
Last Modified: 01 Mar 2018 01:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33682

Actions (login required)

View Item View Item