PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CARD PROBLEM PADA SISWA KELAS X SMA Al-QONA’AH BALEENDAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Repa Maulana, 125030037 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CARD PROBLEM PADA SISWA KELAS X SMA Al-QONA’AH BALEENDAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1 UYE.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II UYE. asli.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA UYE.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Puisi merupakan bentuk paling tua dari kesusastraan dalam sejarah peradaban manusia. puisi adalah salah satu karya sastra yang mempunyai nilai estetik (seni) yang tinggi dan berasal dari interpretasi pengalaman hidup manusia yang digubah dalam dalam wujud yang paling berkesan atau sebagai hasil imajinasi dan gagasan penyair yang dituangkan dalam bentuk tipografi yang spesifik. Media Card Problem adalah media pembelajaran yang digunakan guru dengan tujuan mengajak siswa menemukan konsep dan fakta melalui klasifikasi materi yang dibahas dalam pembelajaran dengan menggunakan kartu. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi dengan menggunakan media card problem pada siswa kelas X SMA Al-Qona’ah Baleendah. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi dengan menggunakan media card problem pada siswa kelas X SMA Al-Qona’ah Baleendah?; (2) Mampukah peserta didik melaksanakan pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi dengan tepat sesuai dengan unsur yang ada didalamnya?; (3) Efektifkah media card problem digunakan dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan keefektifan media card problem dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi dengan menggunakan media card problem pada siswa kelas X SMA Al-Qona’ah Baleendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu tipe one grup pretest-posttest design. Adapun hasilnya: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi dengan menggunakan media card problem pada siswa kelas X SMA Al-Qona’ah Baleendah; (2) Siswa kelas X SMA Al-Qona’ah mampu menganalisis unsur pembangun puisi; (3) Media card problem efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi dengan menggunakan media card problem pada siswa kelas X SMA Al-Qona’ah Baleendah. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Penelitian yang penulis laksanakan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran, teks puisi, media card problem.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Feb 2018 07:16
Last Modified: 28 Feb 2018 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33655

Actions (login required)

View Item View Item