PENGARUH KONSENTRASI GELATIN TULANG IKAN GURAMI (Osphronemus guramy. Lac) DAN KONSENTRASI AGAR-AGAR TERHADAP KARAKTERISTIK LEATHER BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L)

WINDA ARIYANI RAHAYU, 133020021 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Yudi Garnida, DS (2018) PENGARUH KONSENTRASI GELATIN TULANG IKAN GURAMI (Osphronemus guramy. Lac) DAN KONSENTRASI AGAR-AGAR TERHADAP KARAKTERISTIK LEATHER BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Winda.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Winda.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN_Winda.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh konsentrasi gelatin tulang ikan gurami dan konsentrasi agar-agar terhadap karakteristik leather bayam merah dan pengaruh interaksi antara konsentrasi gelatin tulang ikan gurami dan konsentrasi agar-agar terhadap karakteristik leather bayam merah. Rancangan percobaan yang digunakan adalah pola faktorial 3x3 dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A (Konsentrasi gelatin tulang ikan gurami) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (1%), a2 (1.5%), a3 (2%) dan faktor B (Konsentrasi agar-agar) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (1%), b2 (3%). b3 (5%). Respon yang diukur dalam penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar air dengan metode gravimetri, kadar serat kasar dengan metode gravimetri, kadar abu dengan metode gravimetri, dan aktivitas antioksidan (produk terpilih) dengan metode DPPH, serta respon organoleptik (uji hedonik) terhadap warna, aroma, rasa, dan tekstur. Gelatin tulang ikan gurami yang digunakan pada penelitian utama mempunyai viskositas 3,5 cP, nilai pH 4.5, kekuatan gel 149.62 g/bloom dan rendemen 33%. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi gelatin tulang ikan gurami berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa, tekstur, kadar air, kadar serat kasar, dan kadar abu. Konsentrasi agar-agar berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa, tekstur, kadar air, kadar serat kasar, dan kadar abu pada leather bayam merah. Interaksi antara konsentrasi gelatin tulang ikan gurami dan konsentrasi agaragar berpengaruh terhadap warna, rasa, dan kadar air tetapi tidak berpengaruh terhadap aroma, tekstur, kadar serat kasar, dan kadar kadar abu pada leather bayam merah. Aktivitas antioksidan dari sampel terpilih a2b2 (konsentrasi gelatin 1.5% dan konsentrasi agar-agar 3%) dengan menggunakan metode DPPH diperoleh sebesar 534.039 ppm. Kata Kunci : Gelatin Tulang Ikan Gurami, Agar-Agar, Leather Bayam Merah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 11:52
Last Modified: 29 May 2023 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33645

Actions (login required)

View Item View Item