PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PENYIMPANAN MATERIAL DI GUDANG "K" MENGGUNAKAN CLASS BASED STORAGE DENGAN PENDEKATAN Fast Slow Non moving (FSN)

AGUNG ADITYA FEBRI, 133010013 and Arum Sari, DS and Toto Ramadhan, DS (2018) PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PENYIMPANAN MATERIAL DI GUDANG "K" MENGGUNAKAN CLASS BASED STORAGE DENGAN PENDEKATAN Fast Slow Non moving (FSN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Industri Telekomonikasi Indonesia atau bisa disebut PT.INTI (persero) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang logistic pergudangan. PT.INTI memiliki gudang yaitu gudang “K”. Gudang tersebut harus mendapatkan penanganan khusus karena banyaknya jenis dan jumlah material. Tata letak gudang di PT.INTI masih terdapat penumpukan material yang tidak sesuai dengan slot yang telah disediakan. Tata letak gudang hanya memanfaatkan tinggi ruangan untuk proses pinyimpanan material. Penempatan barang digudang dilakukan dengan pendekatan randomized storage yang artinya penempatan barang yang masuk dalam gudang diletakan secara acak dan terjadi penumpukan. Proses tersebut terjadi karena material yang masuk bisa saja diletakan di slot yang sama. Selain terjadinya penumpukan, cara randomized storage juga tidak memperhitungkan ongkos material handling. Namun, terdapat cara lain untuk menata material dalam gudang yakni dengan metode class based storage. Metode tersebut digunakan untuk perancangan tata letak material dan dapat mengurangi tumpukan. Perancangannya dibantu dengan pendekatan Fast Slow Non moving (FSN). Pendekatan tersebut digunakan untuk menempatkan material berdasarkan kelas dan menge. Material yang masuk kedalam kelas F akan diletakan didekat pintu masuk, untuk kelas S diletakan setelah kelas F dan diikuti dengan kelas N. Kemudian dilakukan slotting untuk setiap material dan didapatkan rata-rata material yang ada dalam gudang sebanyak 4127 unit dengan maksimal kapasitas rak 186 unit. Selanjutnya memperhitungkan ongkos material handling dengan Algoritma CRAFT. Dari perhitungan CRAFT didapat hasil ongkos material handling awal Rp 197.850. Kemudian dibuat 2 alternatif dan didapat ongkos yang minimum yakni alternatif 1 dengan ongkos Rp 153.900. hasil tersebut menyatakan bahwa alternatif 1 dapat menghemat Rp 25.950 dibanding yang awal. Kata Kunci : Warehouse, Class based storage, FSN (Fast Slow Non moving), Ongkos Material Handling, CRAFT .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Feb 2018 11:48
Last Modified: 27 Feb 2018 11:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33644

Actions (login required)

View Item View Item