PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUB TEMA KESEIMBANGAN EKOSISTEM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Cilame Kecamatan Rongga Kab. Bandung Barat)

Ipan Ruspandi, 115060270 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUB TEMA KESEIMBANGAN EKOSISTEM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Cilame Kecamatan Rongga Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI[1].pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abtrackt_fix[1].pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I[1].pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II[1].pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka[1].pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Cilame Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas VI dengan jumlah siswa 17 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri, dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya, bahwa proses belajar yang dilakukan sebelumnya tidak melibatkan siswa secara langsung dalam kegitan pembelajaran, kurangnya keberanian siswa untuk mengutarakan pendapat, kurangnya percaya diri siswa terhadap kewajiban yang diberikan kepadanya serta hasil belajar siswa tidak sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Selain dari itu, adanya faktor lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya professional guru dalam menyampaikan bahan ajar, kurang memperhatikan keseluruhan siswa, menggunakan metode ceramah saja, kurangnya guru dalam mengasah siswa dalam melakukan tanya jawab, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Percaya Diri, dan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan model Diccovery Learning. Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 2 siklus atau tindakan, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pembelajaran, dari setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, atau pengamatan dan refleksi. Sikap percaya diri yaitu pada siklus I 67% dan siklus II 88%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 88% dan pada siklus II 100%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 91% dan siklus II 99%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menerapkan model Discovery Learning pada mata pelajaran IPA tentang Penerapan Konsep Keseimbangan Ekosistem dapat meningkatkan sikap percaya diri, dan hasil belajar siswa. Hambatan dalam penelitian ini adalah waktu dalam pengumpulan data pada pelaksanaan pembelajaran >70 menit. Upaya yang dilakukan peniliti untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada siswa yang sudah selesai untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, dan Hasil Belajar, Hambatan Penelitian, dan Upaya Peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:49
Last Modified: 27 Feb 2018 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33629

Actions (login required)

View Item View Item