METODE PEMBELAJARAN MUSIK PADA ANAK KELAS V DI SDN PANGRUMASAN 1 GARUT . KEGI PALASA 086040057

Kegi Palasa dan Ir. Ahmad Hidayat, M.Sn. (2018) METODE PEMBELAJARAN MUSIK PADA ANAK KELAS V DI SDN PANGRUMASAN 1 GARUT . KEGI PALASA 086040057. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
BAB I - V Jadi - Kegi palasa 086040057.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Pendidikan kesenian merupakan salah satu faktor pen entu dalam membentuk kepribadian. Pokok pengajaran musik di tingkat dasa r lebih menitik beratkan pada pemerataan persepsi musik siswa yang dilakukan deng an menganalisis tentang dinamika, pengetahuan notasi, pengenalan nada, temp o, yang tidak terlalu menjurus, terfokus, dan mendalam, seperti di sekolah khusus m usik dan/atau universitas jurusan musik.Penelitian ini mengkaji proses pembel ajaran musik pada siswa kelas V SDN Pangrumasan 1 Peundeuy Garut. Penelitian ini di lakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Metode pembelajaran berbasis teori Suzuki yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, dan latihan ( drill ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelaja ran musik di kelas sudah lancar dan output atau hasil capaian yang diinginkan sudah tercapai. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya siswa yang antusias pada s aat pembelajaran berlangsung. Siswa menguasai setiap materi yang diberikan dengan hasil yang memuaskan. Selain itu, tujuan utama dari pembelajaran seni musik di k elas V, yaitu memperkenalkan dan memberikan pengalaman berkesenian terutama seni musik sudah tercapai dengan dierikannya materi pelajaran seperti pembelajaran n otasi, menyanyi, dan tatalu .. Kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran adal ah adalah kurangnya media pembelajaran seperti pianika, peneliti memberikan p enanggulangan dengan cara memberikan kesempatan setiap siswa untuk berlatih p ianika secara bergiliran.Kendala lain yang sering dihadapi oleh p eneliti adalah kegaduhan pada saat siswa berlatih menyanyi untuk itu dilakukan pe nanggulangan dengan memberikan praktek iringan ritmis sederhana atau bi asa disebut tatalu oleh siswa. Kata kunci: pembelajaran, musik, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2017
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 27 Feb 2018 03:36
Last Modified: 27 Feb 2018 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33620

Actions (login required)

View Item View Item