PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA DAN WAKTU FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK PRODUK MINUMAN KOBERRY (KORO DAN BLACK MULBERRY) (Canavalia ensiformis L dan Morus nigra)

M. GOFUR FATAHHILAH, 133020217 and Yusman Taufik, DS and Tantan Widiantara, DS (2018) PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA DAN WAKTU FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK PRODUK MINUMAN KOBERRY (KORO DAN BLACK MULBERRY) (Canavalia ensiformis L dan Morus nigra). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 skrip.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh dari konsentrasi sukrosa dan waktu fermentasi terhadap karakteristik produk minuman KOBERRY (Koro dan Black Mulberry) Metode yang digunakan adalah adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan ulangan sebanyak tiga kali. Adapun faktor yang diteliti adalah konsentrasi sukrosa (10%, 15% dan 20%) dan waktu fermentasi (5jam, 7jam dan 8jam). Analisis yang dilakukan yaitu respon kimia berupa analisis protein dan respon organoleptik (warna, kekentalan dan rasa). Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi sukrosa dan waktu fermentasi berpengaruh terhadap produk KOBERRY. Berdasarkan respon kimia tidak berpengaruh pada karakteristik minuman KOBERRY sedangkan respon organoleptik berpengaruh terhadap karakteristik minuman KOBERRY. Respon kimia berupa analisis protein, didapatkan sampel yang di rekomendasikan adalah sampel a3b3 yang memiliki kandungan protein tertinggi sebesar 0,74%, sampel a3b3 dilanjutkan pada analisis lanjutan (analisis pH sebesar 4,14, analisis kadar sianida sebesar 0,18

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:13
Last Modified: 18 Mar 2021 05:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33577

Actions (login required)

View Item View Item