PENGARUH UMUR SIMPAN MARMALADE JERUK KEPROK (Citrus nobilis) DALAM KEMASAN BOTOL KACA MENGGUNAKAN METODE ASLT (Accelerated Shelf Life Testing) PENDEKATAN ARRHENIUS

NITA KUSUMAWATI, 133020267 and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2018) PENGARUH UMUR SIMPAN MARMALADE JERUK KEPROK (Citrus nobilis) DALAM KEMASAN BOTOL KACA MENGGUNAKAN METODE ASLT (Accelerated Shelf Life Testing) PENDEKATAN ARRHENIUS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Marmalade adalah produk makanan semi basah. Dibuat dari campuran sari buah jeruk, cacahan kulit jeruk dan gula dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi umur simpan produk kepada produsen dan konsumen. Informasi umur simpan merupakan salah satu informasi yang wajib dicantumkan oleh produsen pada kemasan produk pangan. Pencantuman informasi umur simpan menjadi sangat penting karena terkait dengan keamanan produk pangan tersebut dan untuk menghindari pengkonsumsian pada saat kondisi produk sudah tidak layak dikonsumsi . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi umur simpan produk marmalade jeruk keprok dalam kemasan botol kaca, melalui evaluasi perubahan kimia, biologi dan fisika dengan perlakuan suhu penyimpanan yang berbeda menggunakan model Arrhenius. Penelitian di bagi menjadi dua tahapan meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah tritmen penggaraman pada buah jeruk untuk mengurangi rasa pahit pada produk marmalade. penelitian utama yang dilakukan yaitu pendugaan umur simpan pada produk marmalade jeruk keprok yang dikemas menggunakan kemasan botol kaca menggunakan model Arrhenius. Penentuan umur simpan produk berdasarkan parameter kadar TPC (Total Plate Count), kadar vitamin C dan Viskositas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa umur simpan produk marmalade jeruk keprok yang dikemas dalam kemasan botol kaca pada suhu 15 o o o C, 30 C dan 45 C berdasarkan parameter TPC (Total Plate Count) secara berturut-turut yaitu 112, 96 dan 85 hari. Berdasarkan parameter kadar vitamin C umur simpan marmalade jeruk keprok kemasan botol kaca pada suhu 15 o o o C, 30 C dan 45 C secara berturut- turut yaitu 159, 152 dan 114 hari . Berdasarkan parameter viskositas, umur simpan marmalade jeruk keprok kemasan botol kaca pada suhu 15 o o C, 30 C dan o 45 C secara berturut-turut yaitu 40, 38 dan 37 hari .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:02
Last Modified: 26 Feb 2018 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33576

Actions (login required)

View Item View Item