PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2016)

Widya Aris Astuti, 134020349 and Pembimbing I, Dr. Ifa Ratifah., SE., MSi., AK., CA (2018) PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa besar pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen dengan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan adalah perusahaan sektor manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2016 sebanyak 14 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dalam hal ini jumlah sampel yang diteliti adalah 7 perusahaan dengan time series 6 tahun, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 42. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari : uji asumsi klasik, analisis regresi moderasi, analisis korelasi dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 24 for Windows. Berdasarkan analisis statistik diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : profitabilitas yang dihitung menggunakan Return On Equity terhadap kebijakan dividen yang dihitung menggunakan Dividen Payout Ratio dimoderasi oleh pertumbuhan perusahaan yang dihitung menggunakan pertumbuhan aset dengan hasil niali signifikasi t sebesar 0.010 < 0.050 , nilai koefisien profitabilitas yang dimoderasi oleh pertumbuhan perusahaan bertanda positif sebesar 0.251 akan meningkatkan kebijakan dividen, dan koefisien determinasi sebesar 35.4% sedangkan sisanya sebesar 64.6% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Profitabilitas (ROE), Kebijakan Dividen (DPR), Pertumbuhan Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 24 Feb 2018 07:13
Last Modified: 24 Feb 2018 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33565

Actions (login required)

View Item View Item