PENGARUH BAHAN PENSTABIL DAN PERBANDINGAN SUKROSA DAN GLUKOSA TERHADAP KARAKTERISTIK CANDY SARI BUAH SALAK BONGKOK (Salacca edulis. Reinw cv. Bongkok)

PUTRA SAGITA, 143020432 and ELA SUTRISNO, DS and Ina Siti Nurminabari, Ds (2018) PENGARUH BAHAN PENSTABIL DAN PERBANDINGAN SUKROSA DAN GLUKOSA TERHADAP KARAKTERISTIK CANDY SARI BUAH SALAK BONGKOK (Salacca edulis. Reinw cv. Bongkok). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Salak Bongkok mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan salak variates lainnya serta mengandung substansi yang dapat menyehatkan yaitu antioksidan. Permen jelly ialah permen bertekstur lunak yang diproses dengan penambahan komponen hidrokoloid seperti agar, gum, pektin, pati, karagenan, dan gelatin yang digunakan untuk modifikasi tekstur sehingga menghasilkan produk kenyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis bahan penstabil dan mengetahui perbandingan glukosa dan sukrosa terhadap karakteristik permen jelly sari buah salak Bongkok (Salacca edulis Reinw). Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang jenis bahan penstabil dan perbandingan sukrosa dan glukosa terhadap karaktersitik permen jelly dari buah salak Bongkok serta memberikan referensi untuk upaya pengembangan pemanfaatan buah salak Bongkok sebagai alternatif makanan fungsional dan menaikkan nilai ekonomis buah salak Bongkok. Penelitian utama ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3x3 dengan tiga kali ulangan. Adapun terdiri dari 2 (dua) faktor, yaitu jenis penstabil (A) yang terdiri dari 3 (tiga) taraf dengan notasi a1 = gum arab, a2 = gelidium sp, a3 = karagenan, serta perbandingan sukrosa dan glukosa (B) terdiri dari 3 (tiga) taraf dengan notasi b1 = 1:1; b2 = 2:1; b3 = 3:1. Hasil penelitian utama produk permen jelly salak Bongkok yang terpilih dari keseluruhan respon adalah perlakuan a3b3 (jenis penstabil karagenan serta perbandingan sukrosa dan glukosa sebesar 3:1) yang menghasilkan antioksidan 453,93 ppm, kadar air 19,76 %, kadar vitamin C 5,11 mg/100g, kadar gula total 25,41%, dan kekerasan/tekstur 65,23 mm/s/g. Kata Kunci : salak bongkok, permen jelly, gum arab, gelidium sp, karagenan, sukrosa, glukosa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:00
Last Modified: 23 Feb 2018 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33539

Actions (login required)

View Item View Item