PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA DI SMP

NURFITRI FATIMAH, 135050074 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA DI SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model pembelajaran Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-conffidence siswa SMP teradap pembelajaran Matematika Realistik; 2) Mengetahui apakah pengaruh pembelajaran Matematika Realistik teradap peninkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP Llebi baik dari pada siswa yan mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretespostes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPNegeri 6 Cikarang Utara. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket selfconfidence. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Exel dan software SPSS 16.00 for windows. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) Self-confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik lebih baik daripada self-confidence siswa yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian model pembelajaran Matematika Realistik dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Matematika Realistik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 22 Feb 2018 11:55
Last Modified: 22 Feb 2018 11:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item View Item