USULAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK DISTRO DI CV. OCTAGON BERDASARKAN PENDEKATAN FUNGSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE QSPM

PUSPITA SARI, 133010150 and EDDY JUSUF SP, DS and Asep Toto Kartaman, DS (2018) USULAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK DISTRO DI CV. OCTAGON BERDASARKAN PENDEKATAN FUNGSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE QSPM. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak TA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I TA.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover TA .pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Krisis ekonomi global memiliki pengaruh besar terhadap lini perekonomian Indonesia. Tantangan bangsa Indonesia akibat krisis tersebut, telah membuka peluang bagi industri kreatif atau ekonomi kreatif untuk membangunkan potensi yang ada. Dalam era otonomi daerah sekarang ini, lebih dari 400 kabupaten/kota, dan sekitar 33 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia menikmati sistem desentralisasi kewenangan dalam mengelola wilayahny. Mereka bebas memilih menjadi apa saja, termasuk menjadi kota kreatuf karena keberadaan faktor-faktor produksi fisik yang konvensional dan tenaga kerja murah yang berketerampilan redah sudah tidak bisa lagi menjadi andalan dalam era ekonomi baru ini. Mereka perlu melakukan audit lingkungan untuk menganalisis ancaman, peluang, kekuatan, dan kelemahan yang dimilikinya, dan mengadakan analisis celah yang selanjutnya akan di tutup melalui rencana strategis (renstra) atau road map, sehingga memiliki peta yang jelas melalui sector-sektor industry kreatif yang daya saing kotanya akan dibangun. Pemberdayaan indutsri merupakan bentuk pendayagunaan segala hal yang dimiliki secara optimal. Untuk itu, diperlukan strategi perencanaan. Strategi panjang, program tidak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya. Dengan strategi yang tepat dalam mengambil keputusan, diharapkan segala sumber daya dapat dimanfaatkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memutuskan strategi yang tepat dan dapat diterapkan perusahaan, sehingga perusahaan terus bertahan, mampu meningkatkan penjualannya. Metode yang digunakan untuk memutuskan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan produk distro tersebut diantaranya menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Metoda ini meliputi tiga tahapan perencanaan strategi alternatif tahap pertama, input stage menggunakan matriks IFE dan EFE, tahap kedua maching stage menggunakan matriks SWOT dan matriks SPACE, tahap ketiga decision stage menggunakan matriks QSPM. Pendekatan ini memiliki kelebihan penilaian secara kualitatif dan kuantitatif. Dengan tahapan seperti itu, diharapkan strategi maupun tindak lanjut (action plan) dari alternatif strategi terpilih, merupakan pilihan yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh prioritas alternatif strategi operasional yang paling baik berdasarkan nilai TAS (Total Attarctive Score) terbesar yaitu Strategi Penetrasi Pasar. Untuk

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 22 Feb 2018 10:28
Last Modified: 22 Feb 2018 10:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33510

Actions (login required)

View Item View Item