PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA

FIRDA DWI RAMDANIATI, 135040021 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
BAP PEMBIMBING 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAP PEMBIMBING 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
SK PEMBIMBING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (7kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan kemampuan argumentasi siswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis MIVI pada konsep sistem ekskresi maanusia. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang kemampuan argumentasinya kurang, salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan media yang dipakai masih berupa buku, kurangnya penggunakan teknologi atau media komputer sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design, dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 3 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar argumentasi berisi 5 soal essay dan istrumen non-test berupa tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata argumentasi pada pre-test 42,56 dan post-test sebesar 63,46. Pada kualitas argumentasi yang didapat hanya mencapai level 3, yaitu 19 siswa berada di level 1, 14 siswa berada di level 2, dan 6 orang siswa berada di level 3. Pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis MIVI. Sedangkan untuk tanggapan siswa mengenai media pembelajaran yang digunakn disambut positif dan memenuhi kriteria baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis MIVI pada konsep sistem ekskresi manusia dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Kata Kunci : Kemampuan Argumentasi, MIVI (Multimedia Interaktif Visual), Sistem Ekskresi Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Feb 2018 06:59
Last Modified: 22 Feb 2018 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33503

Actions (login required)

View Item View Item