PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI OPTIK SADANG PUSAT PURWAKARTA

Irsalina Alwani Amalia, 142040038 (2018) PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI OPTIK SADANG PUSAT PURWAKARTA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Lembar Pengesahan.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II .pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Optik Sadang Pusat Purwakarta adalah sebuah perusahaan optikal yang memberikan sarana pelayanan kesehatan mata serta menjual produk yang berkaitan dengan kebutuhan optik. Berdasarkan penelitian di Optik Sadang Pusat Purwakarta, peneliti menemukan masalah yang dialami perusahaan tersebut yaitu kurangnya jumlah konsumen yang tertarik untuk melakukan pembelian antar lini produk yang ditawarkan di perusahaan dan konsumen yang kurang menunjukkan sikap kekebalan terhadap tarikan dari pesaing. Permasalahan tersebut diduga karena perusahaan masih kurang memberikan pelayanan yang menyentuh hati konsumen serta kurang mampu mendahului perspektif negatif segmen sasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui gambaran umum perusahaan, 2) mengetahui kondisi citra perusahaan di Optik sadang Pusat Purwakarta, 3) mengetahui kondisi loyalitas konsumen di Optik Sadang Pusat Purwakarta, 4) mengetahui pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas konsumen di Optik Sadang Pusat Purwakarta, 5) mengetahui hambatan yang dihadapi oleh Optik Sadang Pusat Purwakarta dan usaha yang dilakukan dalam penerapan citra perusahaan untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan berupa observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan penyebaran angket kepada 100 orang responden. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, pengujian hipotesis, analisis regresi sederhana, korelasi product moment pearson, dan koefisien determinasi sederhana. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, diketahui bahwa uji signifikansi hasil thitung = 9.845 lebih besar dari ttabel = 1.833, sehingga dapat dikatakan terdapat korelasi yang signifikan dari citra perusahaan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan uji koefisien determinasi sederhana menunjukkan bahwa citra perusahaan berpengaruh sebesar 49,7% , sedangkan sisanya sebesar 50,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian seperti kualitas produk dan pelayanan, kepuasan konsumen, dan kesan merek. Dalam pelaksanaan mempertahankan citra perusahaannya di benak konsumen Optik Sadang Pusat Purwakarta mengalami beberapa hambatan, yakni tampilan fisik bangunan, karyawan yang kurang terampil, kegagalan pada proses pemotongan lensa di laboratorium, dan keterlambatan pengiriman barang dari supplier. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu perusahaan sebaiknya lebih memantau kinerja karyawannya serta terus memberi karyawan motivasi agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi konsumen, selain itu perusahaan juga sebaiknya terus meningkatkan citra perusahaan dengan cara lebih banyak melakukan CSR (Coroprate Social Responsibility) serta terus mencari tahu keinginan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Citra perusahaan, loyalitas konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:25
Last Modified: 22 Feb 2018 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33498

Actions (login required)

View Item View Item