OPTIMALISASI FORMULASI SELAI LEMBARAN BLACK MULBERRY (Morus nigra) DAN COCOA POWDER (Theobroma cacao) MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODED-OPTIMAL

DESY TRESNAPUTRI, 133020033 and Yusep Ikrawan, DS and Yusman Taufik, DS (2018) OPTIMALISASI FORMULASI SELAI LEMBARAN BLACK MULBERRY (Morus nigra) DAN COCOA POWDER (Theobroma cacao) MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODED-OPTIMAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER TA.pdf

Download (26kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan formulasi optimal dari selai lembaran black mulberry dan cocoa powder dengan menggunakan bahan baku dan bahan penunjang (black mulberry dan cocoa powder) dan juga untuk mengetahui karakteristik dari selai lembaran black mulberry dan cocoa powder). Penelitian yang dilakukan meliputi dua tahap yaitu penelitian pendahuluan untuk mengetahui hasil analisis bahan baku dengan pertimbangan respon pH dan kadar air. Selanjutnya penelitian utama yang akan menentukan formulasi optimal selai lembaran black mulberry dan cocoa powder dari bahan baku dan bahan penunjang menggunakan program design expert metode d-optimal. Hasil analisis pada formulasi optimal dengan respon pH adalah 3,55, kadar air 27,57%, aktivitas antioksidan 971,1549 ppm, kadar gula total 48,6641%, analisis tekstur meliputi kekuatan gel 4,50 gram force, skor atribut warna 5, skor atribut aroma 4,8, skor atribut rasa 4,93. Berdasarkan formulasi optimal yang ditawarkan program design expert kemudian dibandingkan dengan hasil analisis laboratorium maka dapat dibuktikan dengan nilai desirability (ketepatan) dengan nilai 0,622 bahwa selisih hasil analisis yang ditawarkan dari program dengan analisis laboratorium yang tidak begitu jauh. Kata kunci: black mulberry, cocoa powder, selai lembaran, formulasi optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:10
Last Modified: 18 Mar 2021 05:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33487

Actions (login required)

View Item View Item