PEMBELAJARA N ME NGIDENTIFIKASI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN M ETODE ANALISIS WACANA KRITIS PADA SISWA KELAS VII MTS AL - AMANAH BANDUNG TAHUN PEL AJARAN 201 5 /201 6

Andiny Ramadhanita, 115030 103 (2016) PEMBELAJARA N ME NGIDENTIFIKASI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN M ETODE ANALISIS WACANA KRITIS PADA SISWA KELAS VII MTS AL - AMANAH BANDUNG TAHUN PEL AJARAN 201 5 /201 6. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (141kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (153kB)

Abstract

i ABSTRAK Membaca merupakan suatu aktiv ita s alternatif untuk menangkap ide, ga - gasan, da n pikiran dalam mengekspresikan diri dari pen garang . Bagi sebagaian o - rang , membaca menjadi suatu rutinitas yang menye nangkan, karena apa yang di - baca da pat menambah wawasan yang luas . Oleh karena itu , penulis tertarik mela - kukan penelitian yang b erjudul “Pembelajaran Mengidentifikasi Tek s Eksposis i dengan Menggunakan M etode Analisis Wacana Kritis pada Sis wa Kelas V II MTs Al - Amanah Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016 ”. Permasalahan Penelitian dalam hal ini sebagai berikut . (1) Mampukah pe - nulis merencanakan, melaksan akan , dan menilai pembelajaran mengidentifikasi teks e ksposisi dengan m eng - gunakan m etode analisis wacana kritis pada Sis wa Kelas VII MTs Al - Amanah Bandung (2) Mampuhkah siswa kelas VI I MTs Al - Amanah Bandung mengidentifikasi tek eksposi si dengan mengg u nakan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat ? (3) Efektifkah metode analisis wacana kritis digun akan untuk pembelajaran mengidentifikasi te ks e ksposisi pada Sis wa Kelas VII MTs Al - Amanah Bandung ? Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu me - rencanakan, melaksana kan , dan menilai pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan metode analisis wacana kritis pada Sis wa Kelas VII MTs Al - Amanah Bandung . (2) s iswa kelas V II MTs Al - Amanah Bandung mampu men gidentifikasi teks eksposisi de ngan menggunakan tema, struktur teks, ciri kebahasaaan, dan kaidah penulisan yang tepat . (3) M etode analisis wacana kritis efektif digun ak an dalam pembelajaran mengidenifikasi teks eksposisi pada siswa kelas V II MTs Al - Amanah Bandung . Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan, penu - lis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, me laksanakan , dan menilai pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan metode analisis wacana kritis pada s is wa kelas VII MTs Al - Amanah Bandung . Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam persiapan pembelajaran mendapat ka nila i 3,5 6 dengan kategori sangat baik. 2. Siswa kelas V II MTs Al - Amanah Bandung mampu mengidentifikasi tek s eksposi si dengan menggunakan tema, struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 31 dan nilai rata - rata postes 57,16 . Peningkatannya sebesar 26,1 6 . Ja di, seli s i h nilai rata - rata pr et es dan nilai rata - rata postes yaitu 26,1 6 . 3. M etode analisis wacana kritis efektif digu nak an dalam pembelajaran mengidentifi kasi teks eksposisi . Hal ini dibuktikan dari hasil per hitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 10,94 ≥ 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, taraf signif ikan 5% dan derajat kebebasan 24 . Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran mengidentifikasi teks eksposi si dengan menggunakan metode analisis wacana kritis menunju k - kan keberhasilan. Kata Kunci : Pembelajaran, mengidentifikasi, teks e ksposisi, metode analisis wacana kritis ii ABSTRACT Reading is an alternative activity for expressing ide as, concept, and tho - ughts . For some , reading i s a routine and fun activity , because what people think can i ncluded to the script . Therefore, the author is interested in condu ctin g rese - arch entitled "Identifying Expotition Text by Critical Analitic Of Dscourse Method Class V II MTs Al - Amanah Bandung ". The research problem s in this case are fol lows . (1) C an the author plane, implement, and evaluate the learning of identifying expot ition text at VII s tudents of MTs Al - Amanah Bandung using a criticl analitic of discourse method ? (2) C an the VII s tudents of MTs Al - Amanah Bandung identifying expotition text by criticl analitic of discourse method ? (3) I s effective the criticl analitic o f discourse method accurate in learning to identifying expo tition text at the seven grade s tudents of MTs Al - Amanah Bandung ? This research aimed to determine the ability of the author, the ability of students, and the accurate of criticl analitic of discourse method on a identifying of the text teaching reading class VII student of MTs Al - Amanah Bandung . Hypothesis that the writer fo rmulated are follows. (1) Writer is able to plane, implement, and evaluate t he teaching of identifying expotition text by criticl analitic of discourse method at seven grade students of MTs Al - Amanah Bandung . (2) Seven grade students of MTs Al - Amanah Bandung are able to idetifying expo tition text by criticl analitic of discourse method . (3) criticl analitic of discourse me thod is effective in learning to identifying expotition text . Based on the data processing research that has been done, the authors conclude as follows. 1. Writer is able to plane, implement, and evaluate the teaching of identifying expo tition text by criticl analitic of discourse method at seven grade students of MTs Al - Amanah Bandung . This is proved by the results obtained by the authors in the preparation of the learning gain score of 3.56 with a very good category. 2. Seven grade students of MTs Al - Amanah Bandung are able to Identify expo tition text by criticl analitic of discourse method . This is proved by the re su lts of the average value of 31 prete st and posttest mean score of 57.16. Increase by 26,1 6 . Thus, the average v alue selisish pretest and posttest av erage score is 26,1 6 . 3. Criticl analitic of discourse method is effective in learning to identying the text . It is proved by the results of calculations with the results of t st atistic of t hitung ≥ t tabel yaitu 10,94 ≥ 2,06 confidence le vel, 5% significance level and 24 degrees of freedom. Accordingly, the authors concluded study identifying of expotition by criticl analitic of discourse method . The author offers suggestions for teachers and their students and educati - on contribute to the building of subjects Indonesian language and literature in or - der to better develop. Key Word : Learning, identifying, ex potition text, criticl analitic of discourse method

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:48
Last Modified: 13 Apr 2016 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item