MUHAMMAD MAULUDI ELMA RAHARJA, 103030043 and Gatot Santoso, Ds and Brm Djoko, Ds (2016) PERANCANGAN "CAM". Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
BAB 1.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Cam atau yang disebut juga dengan noken as adalah komponen penting pada motor 4 langkah yang berfungsi mengatur sirkulasi bahan bakar dengan udara yang masuk ke ruang bakar maupun mengartur gas hasil pembakaran keluar dari ruang bakar. Cam di desain berdasarkan 4 hal yaitu sudut durasi, lift, profil dan Lobe Separation Angle (LSA) Tugas Akhir ini adalah membuat simulasi modifikasi camshaft pada mesin sepeda motor yang berkapasitas 113 cc menggunakan software Lotus Engine Simulation. Software ini dapat digunakan untuk simulasi motor bakar. Proses simulasi cam ini dilakukan dengan tahapan studi literatur untuk mengetahui konfigurasi mesin sepeda motor yang berkapasitas 113 cc dan parameter-parameter motor bakar 4 langkah, membuat simulasi cam tidak dimodifikasi atau standart pabrik pada mesin sepeda motor yang berkapasitas 113 cc untuk mendapatkan power masksimal dan torsi maksimal sebagai acuan awal, membuat simulasi cam yang dimodifikasi pada mesin sepeda motor berkapasitas 113 cc untuk dibandingkan peingkatan power maksimal dan torsi maksimalnya dengan hasil simulasi cam sebelum dimodifikasi. Hasil tugas akhir ini menghasilkan angka peningkatan brake power dan brake torque dari simulasi kinerja mesin sepeda motor yang berkapasitas 113 cc dengan cam tidak dimodifikasi atau standart pabrik dan cam yang dimodifikasi pada saat putaran mesin 1000 rpm hingga putaran mesin 8000 rpm.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2015 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 17 Mar 2016 01:51 |
Last Modified: | 17 Mar 2016 01:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/333 |
Actions (login required)
View Item |