embangunan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Insan Cendikia Cianjur)

MOCHAMAD RIZKI SETIAPRAJA, 123040218 and Sandhika Galih Amalga, ds and Erik, DS (2018) embangunan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Insan Cendikia Cianjur). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040218.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040218.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_123040218.pdf

Download (348kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan dibidang teknologi informasi sangat pesat hingga saat ini telah merambah pada konsep ponsel cerdas atau smatrphone. Salah satu gagasan untuk mengoptimalkan kegunaan smartphone khususnya bagi anak usia dini adalah penerapan teknologi Augmented Reality, yaitu teknologi yang menggabungkan objek dunia maya dengan dunia nyata secara realtime Pengenalan Hewan ) Cendikia CIanjur Jawa Barat yang bertujuan untuk memanfaatkan fasilitas smartphone android dalam pembelajaran.Pembangunan aplikasi menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC ) yaitu membuat rancangan aplikasi (design ), pengumpulan bahan (material collecting ), pembagunan (assembly ), pengujian (testing ) serta pendistribusian (distribution ) dan diakhiri dengan menentukan kesimpulan serta saran dari pembangunan aplikasi. Aplikasi didistribusikan kepada pengguna akhir (end user ) yaitu anak-anak peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cendikia Cianjur dengan didampingi oleh pengajar yang dipasang pada smartphone berbasis android dan hanya disimpan oleh pengajar sebagai salah satu bahan ajar dan mendampingi anak-anak dalam mengenal hewan. Cara penggunaannya dengan melakukan pemindaian marker dalam bentuk kartu yang telah diberikan kepada pengajar, lalu digunakan dalam suasana belajar bermain. Kata Kunci : Augmented Reality, Smarthphone berbasis Android, MDLC, Aplikasi pembelajaran, Pengenalan Hewan, PAUD Cendikia Cianjur

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 20 Feb 2018 08:09
Last Modified: 20 Feb 2018 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33191

Actions (login required)

View Item View Item