Dini Andiani, Dini (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI, DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TEKNIK MIND MAP. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 6, Nomor 2, November 2016, Hal 48-60, 6 (2). pp. 48-60. ISSN 2089-2055
|
Text
8. Dini Andiani.pdf Download (519kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa akibat penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI suatu Madrasah Aliyah Negeri, yang berjumlah 58 orang. Dari dua kelas penelitian, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan diberi pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map, sedangkan satu kelas lain sebagai kelas kontrol dan diberi pembelajaran biasa. Pengolahan data menggunakan Uji Independent Sample t-Test, Wann Whitney U dan Uji Kruskal Wallis. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan representasi matematis siswa, setelah mendapatkan pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa kelompok PAM (tinggi, sedang dan rendah) yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map; (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map sama dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis antara siswa kelompok PAM yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map. Kata Kunci: Kemampuan representasi matematis, disposisi matematis, pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2018 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 20 Feb 2018 07:51 |
Last Modified: | 20 Feb 2018 08:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33186 |
Actions (login required)
View Item |