KAJIAN LAMA PERENDAMAN LARUTAN SERBUK TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza Roxb. ) TERHADAP JUMLAH TOTAL MIKROBA PADA DAGING AYAM BROILER (Gallus domesticus)

ANGGA ROBI SANI, 123020425 and Neneng Suliasih, DS and Sumartini, DS (2018) KAJIAN LAMA PERENDAMAN LARUTAN SERBUK TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza Roxb. ) TERHADAP JUMLAH TOTAL MIKROBA PADA DAGING AYAM BROILER (Gallus domesticus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER TA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI ABSTRACT TA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman larutan ekstrak temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) terhadap jumlah total mikroba fillet daging ayam broiler. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan rempah temulawak sebagai pengawet alami pada produk fillet daging ayam broiler. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dibagi menjadi dua tahap, tahap yang pertama analisis kadar kurkumin untuk menentukan temulawak segar atau simplisia yang digunakan, tahap kedua menentukan suhu dan waktu pengeringan terbaik yang memenuhi standar SNI bahan serbuk. Penelitian utama dilakukan untuk menentukan lama perendaman terbaik, dengan respon jumlah total mikroba menggunakan metode TPC. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa bahan baku yang terpilih adalah simplisia temulawak yang memiliki kadar kurkumin sebesar 6,474mg/l. Suhu dan lama pengeringan terbaik didapatkan pada suhu 50 C selama 210 menit. Hasil penelitian utama lama perendaman fillet daging ayam terbaik yaitu selama 2 jam dengan jumlah total mikroba 7,40 x 10 o dan memiliki daya hambat mikroba sebesar 17,7mm. Fillet daging ayam broiler yang telah dilakukan perendaman memiliki kadar protein sebesar 5,94% dan kadar lemak sebesar 1,13%. Hasil organoleptik uji dua trio didapatkan kesimpulan bahwa fillet daging ayam broiler yang telah dilakukan perendaman berbeda nyata dengan fillet daging ayam broiler paha bawah segar, dalam hal warna, aroma dan tekstur. 2 Kata kunci : Temulawak, Lama Perendaman, Jumlah Total Mikroba, Fillet daging Ayam Broiler.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:34
Last Modified: 20 Feb 2018 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33183

Actions (login required)

View Item View Item