Priyono, Slamet and Sulistyorini, Sri and Iskandar, Dadang and Mushthafa, M. (2016) PENGELOLAAN KURIKULUM PROGRAM KEPALA SEKOLAH PEMBELAJARAN TAHUN 2016. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
|
Text
KSP_M06_2016_09_01.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Modul Pengelolaan Kurikulum memfasilitasi Saudara untuk menyempurnakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)mengacu kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum 2013. Modul ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Saudara dalam mengelola kurikulum meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memantau, dan menilai KTSP. Pembelajaran pengelolaan kurikulum akan dilakukan melalui serangkaian kegiatan mengkaji dan menyempurnakan dokumen I KTSP, mengembangkan Perangkat Pembelajaran meliputi: Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) untuk jenjang TK/TKLB, dan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta menetapkan KKM untuk jenjang SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB, sebagai salah satu proses penjaminan mutu SKL. Kemampuan pengelolaan kurikulum ini penting agar Saudara mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum secara efektif, sehingga dapat dijadikan panduan bagi guru dalam menerapkan kurikulum untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendidik, beragam, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah dapat dipahami serta diwujudkan ke dalam sikap, perilaku, kebiasaan, kinerja, dan profil lulusan sekolah yang mengacu pada tuntutan masyarakat “Indonesia Baru: Cerdas dan Kompetitif”. Modul pengelolaan kurikulum meliputi tiga topik utama, yaitu: KTSP, dokumen Perangkat Pembelajaran, dan Penetapan KKM. Setiap topik terbagi menjadi sejumlah kegiatan pembelajaran yang dapat meliputi pengenalan komponen dokumen, pengkajian dokumen, revisi, dan penyusunan dokumen. Kegiatan-kegiatan ini akan Saudara lakukan dalam satu tahap. Saudara akan melakukan kegiatan diskusi, curah pendapat (brainstorming), simulasi, dan lain-lain. Kegiatan ini dapat dilakukan secara mandiri jika jumlah peserta tidak memungkinkan. Saudara juga akan melakukan kegiatan: (1)praktik mengkaji dan menyempurnakan dokumen I KTSP; (2)mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku; dan (3)menetapkan KKM. Modul ini memperhatikan aspek-aspek inklusi sosial, dapat dipergunakan dalam kondisi sosial-budaya sekolah yang beragam, mempertimbangkan isu-isu suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, orang dengan HIV/AIDs, dan yang berkebutuhan khusus. Inklusi sosial ini diberlakukan bagi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 07:24 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33140 |
Actions (login required)
View Item |