ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN MASYARAKAT, SERTIFIKASI GURU, RASIO GURU MURID DAN SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMP NEGERI DI KOTA BANDUNG PERIODE 2013-2016)

MARINTAN, 134030060 and Pembimbing I, Dr. Heri Hernawan., SE., MP (2018) ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN MASYARAKAT, SERTIFIKASI GURU, RASIO GURU MURID DAN SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMP NEGERI DI KOTA BANDUNG PERIODE 2013-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
0. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (617kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas diharapkan dapat menghasilkan pembangunan ekonomi yang berkualitas pula. Oleh karenanya, diperlukan peran masyarakat maupun pemerintah untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan masyarakat, sertifikasi guru, rasio guru murid dan sarana prasarana terhadap mutu pendidikan di Kota Bandung periode 2013-2016. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kota Bandung, Badan Pusat Statistika Kota Bandung dan juga jurnal sebagai pendukung penelitian. Model regresi yang digunakan adalah metode Panel Least Square dengan menggunakan Data Panel dengan menggunakan pendekatan efek tetap (Fixed Effect Model). Adjusted R2 cukup tinggi yaitu 0.821638. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel pendapatan masyarakat dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan. Oleh karena itu perkembangan pendapatan masyarakat dan sarana prasarana patut menjadi pertimbangan untuk mengatasi masalah mutu pendidikan. Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Pendapatan Masyarakat, Sertifikasi Guru, Rasio Guru Murid, Sarana Prasarana

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 19 Feb 2018 01:55
Last Modified: 19 Feb 2018 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33114

Actions (login required)

View Item View Item