ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN PEMBENIHAN NILA RAS WANAYASA (NIRWANA) PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN DI KECAMATAN WANAYASA, KABUPATEN PURWAKARTA

Dhita Nandya Prahasti, 134030035 and Pembimbing I, Hj. Lella. NQ. Irwan., SE., MSI (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN PEMBENIHAN NILA RAS WANAYASA (NIRWANA) PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN DI KECAMATAN WANAYASA, KABUPATEN PURWAKARTA. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ikan Nila Ras Wanayasa (Nirwana) merupakan salah satu jenis ikan nila budidaya unggul yang mulai dibudidayakan dan disebar kepada pembudidaya ikan dimulai tahun 2007 pasca di release oleh Menteri Kelautan dan Perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produksi pembenihan ikan nila ras wanayasa (Nirwana) di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta dan untuk mengetahui keuntungan dari hasil pembenihan ikan nila ras wanayasa (Nirwana) yang diperoleh oleh kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, serta untuk mengetahui kelayakan dari keuntungan usahatani tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis fungsi Cobb-Douglas dan analisis keuntungan. Hasil regresi fungsi Cobb-douglas menunjukkan bahwa jumlah pakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap produksi benih ikan nirwana di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Sedangkan luas kolam, jumlah induk, dan penggunaan pupuk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi benih ikan nirwana di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Secara serempak variabel luas kolam, jumlah induk, jumlah pakan, dan penggunaan pupuk berpengaruh signifikan terhadap produksi benih ikan nirwana di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Nilai sebesar 0.605, ini menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat sebesar 60,5% sedangkan 39,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian ini. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembudidaya ikan nirwana sudah memperoleh keuntungan yang layak (R/C>1). Kata kunci: Ikan Nirwana, Keuntungan, Produksi, Luas Kolam, Jumlah Induk, Jumlah Pakan, dan Penggunaan Pupuk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 17 Feb 2018 07:31
Last Modified: 17 Feb 2018 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33109

Actions (login required)

View Item View Item