PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar dan Subtema Perubahan Wujud Benda Dilaksanakan Di Kelas V SDN Dangiang 2 Kota Garut Tahun Ajaran 2017/2018)

Yuda Nurjati Wiguna, 135060287 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar dan Subtema Perubahan Wujud Benda Dilaksanakan Di Kelas V SDN Dangiang 2 Kota Garut Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrack inggris.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 .pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 .pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka jadi.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery learning pada Subtema Perubahan wujud benda. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dangiang 2 dengan latar belakang keadaan siswa yang kurang menunjukkan motivasi belajar dan rendahnya hasil belajar siswa yang kurang dari KKM didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran Discovery learning.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Discovery learning yang terdiri dari 5 tahap, yaitu memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa, mengorganisasikan siswa untuk meneliti, membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, tekhnik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah tekhnik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Hal tersebut dapat di lihat dari nilai rata-rata peningkatan Motivasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus 1 2,3 dengan katagori baik siklus 2 2,86 denan katagori baik dan siklus 3 3,00 dengan katagori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Discovery learning sangat menunjang terhadap peningkataan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan model Discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada Subtema Perubahan wujud benda. Kata kunci: Discovery learning, Motivasi,Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:35
Last Modified: 15 Feb 2018 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33099

Actions (login required)

View Item View Item