PROSES PE WARISAN SENI TARAWA NGS A SANGGAR SUNDA LUGINA PADA GENERASI MUDA RANCAKALONG SUMEDANG. IQBAL ARIEF INSANI 1 0 60400 59

IQBAL ARIEF INSANI dan R osikin. WK , S. Sn ., M. Sn (2018) PROSES PE WARISAN SENI TARAWA NGS A SANGGAR SUNDA LUGINA PADA GENERASI MUDA RANCAKALONG SUMEDANG. IQBAL ARIEF INSANI 1 0 60400 59. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
01_Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07_Abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08_BAB 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09_BAB II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10_BAB III.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
11_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
13_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

“ Proses Pewarisan Seni Tarawangsa Sanggar Sunda Lugina Pada Generasi Muda Rancakalong Sumedang ” . Pe nelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang kesenian khas kota tahu Sumedang, yaitu tarawangsa. Dalam tiga tahun yang lalu tarawangsa kehilangan regenerasi dan dikhawatirkan kehilangan eksistensinya . Penelitian ini berfokus pada saat prosesi pertunjukan pada bulan mulud , pelatihan dan peran serta generasi muda Rancakalo ng terhadap kesenian tarawangsa. dan untuk mengetahui proses pewarisan seni tarawangsa yang dilakukan oleh sanggar tarawangsa Sunda Lugina pimpinan b apak Pupung Supena . Tarawangsa sebagai karya intelektual seni musi k khas Rancakalong pada khusunya dan Sumedang pada umumnya , memberikan andil mengangkat nilai s eni budaya Sumedang, t arawangsa oleh sebagian pengama t seni kabupaten Sumedang dianggap sebagai musik identitas dan jati diri Kota Tahu tersebut . Beragamnya seni t arawangsa yang terus berubah dan berkembang di masyarakat luas, dikhawatirkan mengurangi fungsi identitas, serta mengalami perubahan bentuk yang akhirnya bukan mustahil akan semakin jauh dan kehilangan bentuk aslinya. D alam skripsi ini membahas tentang proses yang dilakukan bapak Pupung di sanggar Sunda Lugina untuk mewariskan seni tradisi kepada generasi muda Rancakalong . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, metode yang digunakan pada peneliti an ini adalah metode etnografi . Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa proses yang dilakukan oleh bapak Pupung di sanggar Sunda Lugina untuk mewariskan kesenian t arawangsa terhadap generasi muda Rancakalong , meliputi tiga point diantar anya : 1) Merutinkan latihan t arawangsa kepada generasi muda di sanggarnya , 2 ) Mendirikan sanggar untuk menjadikan tempat pertunj ukan, pelatihan pada generasi muda Rancakalong 3) Mengajak atau mengikut sertakan generasi muda dalam pertunjukan seni t arawangsa saat hajatan .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 14 Feb 2018 01:43
Last Modified: 15 Feb 2018 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33070

Actions (login required)

View Item View Item