Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMK

S. Solihah, NPM : 158060051 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMK. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel siti solihah 158060051.docx

Download (31kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) terhadap motivasi siswa, pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis, dan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian ini adalah mix methods tipe embedded design, dengan desain penelitiannya adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non-tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model NHT lebih termotivasi dalam belajar matematika dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model konvensional, 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model NHT lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 3) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model NHT lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 4) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis, 5) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, 6) Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:18
Last Modified: 15 May 2018 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33068

Actions (login required)

View Item View Item