PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA PEMBELAJARAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN SIRNAGALIH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pecahan pada Siswa Kelas III Semester II SDN Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2015/2016)

SAMSAM FATIHUDDIN, 115060332 (2018) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA PEMBELAJARAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN SIRNAGALIH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pecahan pada Siswa Kelas III Semester II SDN Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS. INDO.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS. INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS. SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh (a) sebagian besar siswa masih belum aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan (b) nilai hasil belajar matematika masih rendah dibawah nilai rata-rata atau kurang dari nilai KKM yang seharusnya. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di SD kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian dilakukan di SDN Sirnagalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian 27 siswa kelas III semester II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran guru dan siswa, lembar kerja kelompok dan tes hasil belajar. Data aktivitas didapat dari kegiatan pelaksanaan pembelajaran siswa dan data hasil belajar di dapat dari presentase ketuntasan belajar. Untuk itu data yang diperoleh di deskripsikan kemudian dianalisis dan refleksi. Hasil penelitian, berdasarkan hasil analisis nilai aktivitas belajar pada siklus I yaitu 3,0 dan 3,4 sedangkan pada siklus II 3,6 dan 3,8. Adapun presentase ketuntasan belajar yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 68% dan yang tidak mencapai KKM 32%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Sehingga dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran cooperatif learning tipe (TAI) Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sirnagalih, yang dilaksanakan melalui 7 tahapan, yaitu team, teaching group, student creative, team study, whole-class unit, facts test, dan team scores and team recognition. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Feb 2018 06:38
Last Modified: 13 Feb 2018 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item View Item