Menentukan Interval Pemesanan yang Optimal Pada Produk Consumable dengan menggunakan metode Economic Order Interval (EOI) di PT. Samafitro

MUHAMMAD HILMANSYAH SETOHANDOK, 123010066 and Sutarman, DS and Nurman Helmi, ds (2018) Menentukan Interval Pemesanan yang Optimal Pada Produk Consumable dengan menggunakan metode Economic Order Interval (EOI) di PT. Samafitro. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (506kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. SAMAFITRO Bandung merupakan perusahaan yang bergerak jasa, PT. SAMAFITRO Bandung adalah distribusi resmi dalam penjulana produk CANON (copier, fax, micrografics), HP Indigo dan beberapa mesin fotocopy. Tiap perusahaan pasti memiliki target atau tujuan yang ingin dicapai dalam suatu periode tertentu untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Target atau tujuan tersebut tidak akan mungkin tercapai tanpa sumber daya yang memadai. Terdapat beberapa masalah dalam menentukan pemesanan produk consumable di PT. SAMAFITRO Bandung, yaitu tidak terjadwalnya pejualan produk consumable, sehingga pemesanan yang dilakukan dapat berulang kali dan menimbulkan biaya tambahan yang lebih besar. Oleh karena itu perusahaan harus melakukan peramalan / forcasting untuk mengetahui kebutuhan produk yang harus di sediakan tiap bulannya, sehingga dapat melakukan pendjadwalan terhadap pemesananproduk consumable. Namun tidak hanya melakukan peramalan akan tetapi perusahaan juga harus mengklasifikasikan produk yang consumable yang dijual, dimana fungsi dari pengklasifikasian barang dapat memprioritaskan barang mana yang harus lebih dahulu di perhatikan, dimana barang tersebut mempunyai nilai persentase kumulatif yang lebih besar dari jumlah nilai produk yang lainnya, terdapat 3 ranking yang ada pada pengklasifikasian, yaitu ranking A, B dan C untuk kasus kali ini, klasifikasi yang dilakukan perhitungan hanya ranking A dan B saja. Selanjutnya menghitung pemesanan yang optimal dengan menggunakan EOI (economic order interval), dimana fungsi dari perhitungan ini adalah mengetahui pemesanan yang optimal yang harus dilakukan oleh perusahaan, perhitungannya menggunakan EOI multy item,dikarenakan produk yang dihitung, jumlahnya lebih dari satu buah, dan lebih murah pemesanannya dibandingkan dengan harus memesan satu – persatu, dalam perhitungan EOI ini, ada tiga hal yang harus diketahui, mulai dari perhitungan interval yang optimal pertahunnya, kemudian menghitung maksimum tingkat persediaan yang harus ada di gudang, dan yang terakhir adalah mngetahui total ongkos yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Kata Kunci : forcasting, klasifikasi ABC, EOI (economic order interval)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:39
Last Modified: 12 Feb 2018 08:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33031

Actions (login required)

View Item View Item