PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cicalengka 08 Kecamatan Cicalengka Kab. Bandung)

Titin Maryani, 135060140 (2018) PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cicalengka 08 Kecamatan Cicalengka Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penellitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa melalui model Inkuiri pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas IV SDN Cicalengka 08. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Cicalengka 08 siswa hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga kan menyebabkan siswa bosan dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini di laksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri terdiri dari 6 tahap yaitu 1. menyajikan pertanyaan atau masalah, 2. Membuat hipotesis, 3. Merancang percobaan, 4. Melakuakan percobaan untuk memperoleh informasi, 5. Mengumpulkan dan menganalisis data, 6. Membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Inkuiri dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari presentasi pemahaman siswa pada siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I mendapatkan 43% dengan kategori cukup, siklus II 60% dengan kategori baik, siklus III 87 % dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar pada siklus I yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 37% dengan kriteria cukup, siklus II yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 57% dengan kriteria baik, siklus III yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 90% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Inkuiri sangat penunjang terhadap peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan alam keberagaman kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Inkuiri dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagama. Kata kunci: Inkuiri, pemahaman, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Feb 2018 02:53
Last Modified: 10 Feb 2018 02:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33002

Actions (login required)

View Item View Item