PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema “Indahnya Keberagaman” Subtema “Keberagaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SDN Cicalengka 08 Kabupaten Bandung)

Sri Mulyani Nurli samsiah, 135060038 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema “Indahnya Keberagaman” Subtema “Keberagaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SDN Cicalengka 08 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap peduli dan santun siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajar an tematik tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cicalengka 08, sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap peduli dan sikap santun cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 13 orang atau sebesar 55% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang siswa atau sebesar 45%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 73% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 9 orang siswa atau sebesar 27%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 23 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 2 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci :Model pembelajaran Problem Based Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Feb 2018 02:46
Last Modified: 10 Feb 2018 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33001

Actions (login required)

View Item View Item