PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Sumber Energi di Kelas IV SDN Cisitu Nyalindung Sukabumi)

SHIEFA MEDINA NOPITRI, 135060168 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Sumber Energi di Kelas IV SDN Cisitu Nyalindung Sukabumi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1._Cover[1].pdf

Download (0B)
[img] Text
2._Abstrak[1].pdf

Download (0B)
[img] Text
3._BAB_I[1].pdf

Download (0B)
[img] Text
4._BAB_II[1].pdf

Download (0B)
[img] Text
8._DAFTAR_PUSTAKA(1)[1].pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Sumber Energi di kelas IV SDN Cisitu Nyalindung Sukabumi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain yang dikembangkan oleh Arikunto. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dalam 1 siklus terdapat 2 pembelajaran, setiap pembelajaran dilaksanaka dengan menerapkan model discovey learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolaan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Teknik penilaian yang digunakan yaitu tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan teknik non tes digunakan untuk hasil belajar siswa aspek afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar pada setiap aspek yang meningkat dari siklus I sampai siklus III. Pada apek afektif di siklus I berada pada tahap Mulai Terlihat (MT), siklus II berada pada tahap Mulai berkembang (MB), dan siklus III berada pada tahap Membudaya (M). Pada aspek pengetahua nilai rata-rata hasil belajar siswa pada silkus I 63,1, siklus II 75,8 dan siklus 3 89,6. Sedangkan pada aspek psikomotor pada siklus I berada di kategori Cukup (C), siklus II Baik (B) dan siklus III Sangat Baik (A). Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Sumber Energi di Kelas IV SDN Cisitu Nyalindung Sukabumi. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Feb 2018 04:11
Last Modified: 09 Feb 2018 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32991

Actions (login required)

View Item View Item