PENGKARYAAN BASS BLAST. IQBAL NURIANA 1360400 41

Iqbal Nuriana (2018) PENGKARYAAN BASS BLAST. IQBAL NURIANA 1360400 41. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Tujuan karya “Bass Blast ” ini yaitu untuk mendeskripsikan kegelisahan penulis terhadap pandangan masyarakat awam yang menilai instrumen bass, hanya sebagai instrument untuk mengiringi saja, tidak bisa mengeluarkan skill dan unjuk kebolehan layaknya seperti instrumen gitar. Dengan pandangan tersebu t, maksud penulis membuat karya ini adalah untuk mematahkan, pandangan tersebut. Penulis menyisipkan duet antara gitar dan bass yang saling menunjukan skill, untuk memberikan kejelasan kepada penonton bahwa bass pun bisa menunjukan skill, dan tak kalah heb at dengan gitar. Dalam karya ini juga membahas, tentang possitioning dimana biasanya posisi bassist dalam sebuah band/ combo hanya untuk mengiringi ritmis saja, tetapi dalam karya ini penulis membuat, bass terlihat lebih dominan dari instrumen lainya. Karya ini dibua t dengan teori Harmoni dan Ilmu Bentuk Analisis yang telah penulis dapat dalam perkuliahan , dan referensi - referensi karya dari para musisi solois bass dan dari band - band jazz fusion. Karya ini bergenre jazz fusion, seperti karya yang menja di acuan. beberapa part diambil d arikarya acuan yang kemudian di modifikasi sehingga part tersebut menjadi lebih orisinil. Tehnik bass yang dipakai, banyak menggunakan tehnik slap. tehnik ini banyak digunakan oleh para bass ist solois, untuk menunjukan skill . tehnik ini banyak mengedepankan, pola ritmik dan permainan yang perkusif. Perkusif itu didapat dari tamparan jempol, cabitan jari telunjuk atau biasa disebut popping/pluck, dan l lefthand attack tamparan tangan kiri untk membuat ghost not . Selain tehnik slap, penulis menambahkan tehnik tapping pada bagian berduet dengan gitar. Bahan kajian dalam skripsi ini dikerjakan, berdasarkan literatur yang menyangkut dalam permasalahan yang penulis bahas, kemudian dari pembahasan tersebut menghasilkan, kesimpulan, d an penyelesaian masalah pada skripsi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:28
Last Modified: 08 Feb 2018 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32964

Actions (login required)

View Item View Item