PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Kelas V SDN Depok 2 Kabupaten Garut)

Siti Ayu Ningrum, 135060207 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Kelas V SDN Depok 2 Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.3 abstrak sunda.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.2 abstrak inggris.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.1 abstrak indo.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (767kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik, dan meningkatkan rasa percaya diri peserta didik melalui model pembelajaran discovery pada wujud benda cirinya. Penelitian tindakan kelas dilaksaknakan di kelas V SDN Depok 2 Kabupaten Garut. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik di kelas V SDN Depok 2 Kabupaten Garut yang hasil belajar rendah dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional dan diakibatkan rasa percaya diri rendah, sedangkan model-model pembelajaran kurang bervariatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah aktifitas peserta didik, angket, evaluasi hasil belajar peserta didik berupa pretes dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dari penilaian sikap percaya diri dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas V SDN Depok 2 Kabupaten Garut dengan jumlah peserta didik 30 orang. Hasil penelian di siklus I pretest yang mencapai KKM adalah 13 orang peserta didik dengan presentase 43,3%, Pada post test yang mencapai KKM sebanyak 17 orang dengan presentase 56,7%, Sedangkan sikap percaya diri dengan presentase 68,75% atau 20 dari 30 peserta didik. Hasil penelian di siklus II pretest mencapai KKM adalah 18 orang peserta didik dengan presentase 60%, Pada post test yang mencapai KKM sebanyak 24 orang dengan presentase 80%, dan Sedangkan sikap percaya diri dengan presentase 80% atau 24 dari 30 peserta didik. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini, bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada subtema wujud Benda dan Cirinya di kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Discovery dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Discovery, Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:21
Last Modified: 06 Feb 2018 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32915

Actions (login required)

View Item View Item