Usulan Manajemen Strategi Pada Perusahaan CV. Brownies Vannisa Dengan Menggunakan Metode SWOT dan Analytical Hierarchy Process

DANY FATHONI ILHAM, 123010062 and EDDY JUSUF SP, DS and Asep Toto Kartaman, DS (2018) Usulan Manajemen Strategi Pada Perusahaan CV. Brownies Vannisa Dengan Menggunakan Metode SWOT dan Analytical Hierarchy Process. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak Dany.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Dany Fix.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Di tengah persaingan bisnis makanan yang berkembang pesat dan pola konsumsi masyarakat yang tinggi menjadi peluang bagi industri pengolahan makanan untuk mengembangkan bisnis nya. Brownies adalah salah satu jenis produk yang disukai dan sudah dikenal oleh masyarakat. Salah satu industri yang memanfaatkan peluang tersebut adalah Brownies Vannisa. Namun, dalam beberapa waktu, jumlah produsen pada bisnis makanan sejenis maupun tidak sejenis semakin meningkat menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat menjadi kendala persaingan di masa depan. Potensi persaingan menyebabkan perusahaan harus menyiapkan strategi yang tepat serta memprioritaskan strategi yang dibutuhkan perusahaan agar dapat bertahan dan dapat unggul dari pesaing yang sudah ada maupun yang baru masuk Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pada perusahaan untuk merumuskan bentuk strategi persaingan dengan memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan, serta mengetahui prioritas strategi untuk menghadapi persaingan, dan juga menciptakan usulan rencana jangka menengah sampai jangka panjang. Penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap pertama melakukan analisis lingkungan internal (SAP) berupa kekuatan dan kelemahan, analisis lingkungan eksternal (ETOP) berupa peluang dan ancaman, dalam merumuskan alternatif strategi digunakan Matrik SWOT (Strength , Opportunities, Weakness, Threats ) dengan memperoleh empat Strategi yaitu SO (Strength , Opportunities), ST (Strength , Threat),( Weakness, Opportunitie) dan (Weakness , Threats). Tahap kedua yaitu menentukan prioritas strategi dengan menggunakan AHP. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode AHP, strategi prioritas yang terpilih yaitu strategi WO (0,43) dengan alternatif strategi sebagai berikut : a. Meningkatkan kegiatan promosi secara optimal. b. Mengoptimalkan saluran distribusi yang ada untuk meningkatkan penjualan. c. Menjalin kerjasama dengan biro – biro perjalanan yang ada di Kota Bandung. d. Memperbaiki laporan keuangan dengan merekrut karyawan di bidang akuntansi. Setelah mendapatkan hasil strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan maka selanjutnya yaitu membuat usulan rencana aksi dalam jangka menengah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:04
Last Modified: 05 Feb 2018 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32887

Actions (login required)

View Item View Item