UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 063 Kebon Gedang Bandung Kecamatan Batununggal Kelurahan Maleer ).

Hartati Aliyah, 135060039 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 063 Kebon Gedang Bandung Kecamatan Batununggal Kelurahan Maleer ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0 COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB II new.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB III baru.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
14 BAB IV bbb.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian yang berjudul Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnyaa kemampuan menulis puisi bebas siswa. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai kemampuan menulis puisi bebas siswa nilai rata-rata 56 pada data awal meningkat pada siklus I dengan rata-rata 68, siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I rata-rata kemampuan menulis puisi bebas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75 kategori baik. Hal ini dikarenakan pada materi menulis puisi bebas menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga kemampuan menulis puisi bebas siswa meningkat. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas di kelas V SDN 063 Kebon Gedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learningdapat dijadikan alternative model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Problem Based Learning,Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Feb 2018 03:04
Last Modified: 03 Feb 2018 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32864

Actions (login required)

View Item View Item