STUDI PENYISIHAN BESI (Fe) DAN MANGAN (Mn) DALAM AIR TANAH MENGGUNAKAN REAKTOR BERTINGKAT SARINGAN PASIR AKTIF DAN KARBON AKTIF

SYAH FITRI WAHYUNI, 133050018 and Lili Mulyatna, DS and Sri Wahyuni, DS (2018) STUDI PENYISIHAN BESI (Fe) DAN MANGAN (Mn) DALAM AIR TANAH MENGGUNAKAN REAKTOR BERTINGKAT SARINGAN PASIR AKTIF DAN KARBON AKTIF. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
abstrak fix.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL DAN JUDUL.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penggunaan air tanah sebagai sumber air baku pada masyarakat akan menimbulkan permasalahan ketika diketahui adanya kandungan logam Besi (Fe) dan Mangan (Mn) didalamnya. Umumnya pada air tanah kadar Fe dan Mn tidak pernah sama di setiap lokasi, kandungan Fe dan Mn yang tinggi dalam air tanah jika digunakan secara terus-menerus akan menggangu kesehatan ginjal masyarakat. Selain itu akan diukur kemampuan kinerja dari Reaktor Bertingkat Saringan Pasir Aktif dan Karbon Aktif ini dalam menurunkan kadar besi dan mangan dalam air. Digunkan dua variasi proses pengolahan dalam penelitian ini yaitu pengolahan air melalui peoses aerasi-filtrasi dengan 1 tahap dan pengolahan air melalui proses aerasi-filtrasi dengan 2 tahap. Sampel air yang digunakan berupa sampel air buatan dengan konsentrasi untuk masing-masing parameter besi dan mangan 0,5 mg/l ; 1 mg/l ; 1,5 mg/l, 2 mg/l ; dan 3 mg/l. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi penurunan kadar besi terbaik berada pada konsentrasi dengan Fe inlet sebesar 2,98 mg/l turun menjadi Fe outlet sebesar 0,482 mg/l dengan persentase penyisihan 83 %. Sedangkan untuk kadar mangan terbaik berada pada konsentrasi Mn inlet sebesar 3,32 mg/l turun menjadi Mn outlet sebesar 0,251 mg/l dengan persentase penyisihan 92% kedua parameter tersebut menggunakan proses pengolahan air dengan aerasi-filtrasi. Dengan demikian Reaktor Bertingkat Saringan Pasir Aktif dan Karbon Aktif dapat meyisihkan Fe dan Mn sampai konsentrasi tertinggi 3 mg/l dengan variasi proses pengolahan air terpilih yaitu aerasi-filtrasi. Kata Kunci : Aerasi, Air Tanah, Besi (Fe), Filtrasi, Karbon Aktif, Mangan (Mn), Pasir Aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Feb 2018 11:39
Last Modified: 02 Feb 2018 11:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32861

Actions (login required)

View Item View Item