PENGARUH PROFITABILITAS LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi kasus Perusahaan Pertambangan Logam dan Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

VERANI SAEFUL, 104020242 and Pembimbing I, Isye Siti Aisyah., M.,Si.,Ak.CA (2017) PENGARUH PROFITABILITAS LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi kasus Perusahaan Pertambangan Logam dan Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI dan Lembar pengesahan.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Abstrak Financial distress merupakan suatu kondisi, dimana keuangan perusahaan sedang dalam keadaan tidak sehat, tetapi belum sampai mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi kondisi financial distress terlebih dahulu sebagai bahan evaluasi dan peringatan dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap prediksi financial distress pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang listing sampai dengan 2015, sebanyak 41 perusahaan. Sedangkan teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sample dengan pertimbangan tertentu. Total sampel 8 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan pada penelitian adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap financial distress dengan nilai koefisien regresi sebesar -5,700 dan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Secara parsial likuiditas berpengaruh signifikan terhadap financial distress pada perusahaan, dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,291 dan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. Secara parsial leverage berpengaruh signifikan terhadap financial distress pada perusahaan, dengan nilai koefisien regresi sebesar 3,739 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci : profitabilitas, likuiditas, leverage, dan financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2010
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:15
Last Modified: 02 Feb 2018 04:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32826

Actions (login required)

View Item View Item