PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MODEL OPEN ENDED DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

MAYA RIZWA, 135050011 (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MODEL OPEN ENDED DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Maya Rizwa, “Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMA yang Memperoleh Pembelajaran Model Open Ended dan Problem Based Learning (PBL)”. Pendekatan Open Ended adalah pendekatan pembelajaran yang menyajikan suatu masalah terbuka yang mempunyai penyelesaian masalah lebih dari satu penyelesaian. Problem Based Learning adalah model pembelajaran siswa pada masalah autentik, sehingga ia bisa menyusun pengetahuannya sendiri. Pendekatan Open Ended dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan atau pengalaman menemukan, mengenali dan memecahkan maalah dengan beberapa teknik. Pendekatan Open Ended menempatkan siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa (2) mengetahui sikap Disposisi Matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Open Ended dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 (Open Ended) dan kelas XI IPS 2 (Problem Based Learning). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Berpikir Kreatif dan angket skala Disposisi Matematis siswa. Tes yang digunakan adalah tes tipe subjektif (uraian). Cara menganalisis data adalah dengan IBM SPSS Statistik 24.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Open Ended lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning. Akan tetapi sikap Disposisi Matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Open Ended. Kata Kunci : Open Ended, Problem Based Learning, Berpikir Kreatif, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:17
Last Modified: 02 Feb 2018 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32813

Actions (login required)

View Item View Item