MENINGKATKAN SIKAP BEKERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI BHAKTI WINAYA (Penelitian Tindakan kelas Pada Tema 2 Peristiwa Dalam Kehidupan, di kelas V Sekolah Dasar Negeri Bhakti Winaya)

EGRY CHAYA WIJAYA, 135060008 (2018) MENINGKATKAN SIKAP BEKERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI BHAKTI WINAYA (Penelitian Tindakan kelas Pada Tema 2 Peristiwa Dalam Kehidupan, di kelas V Sekolah Dasar Negeri Bhakti Winaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Fustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap bekerja sama dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada tema 2 peristiwa dalam kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bhakti Winaya Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap bekerja sama dan rendahnya hasil belajar siswa yang kurang dari KKM didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa, Mengorganisasikan siswa untuk meneliti, Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap bekerja sama dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat di lihat dari nilai rata-rata peningkatan sikap bekerja sama siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I 2,89 katagori cukup dan siklus II 3,75 katagori baik, untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai ke siklus II, yaitu pada siklus I 55,85 dan siklus II 72,32. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkataan sikap bekerja sama dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada tema peristiwa dalam kehidupan. Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Bekerja Sama, dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Feb 2018 07:03
Last Modified: 01 Feb 2018 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32792

Actions (login required)

View Item View Item