Rahmanisa, 134010042 and Pembimbing I, Dr. Atty Tri Juniarti., SE., MSi (2018) ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN DALAM MENETAPKAN PERENCANAAN PRODUKSI TAHU SUSU PUTIH PADA PABRIK TAHU SUSU LEMBANG. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pelamalan merupakan proses memperkirakan kejadian atau keadaan dimasa yang akan datang dengan melihat keadaan dimasa lalu melalui penggunaan model matematis. Perencanaan produksi merupakan suatu perencanaan serta pengelolaan sumber-sumber daya perusahaan atau faktor-faktor produksi yang dimiliki perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa untuk suatu periode yang akan datang sesuai dengan yang diramalkan guna memenuhi penjualan dan meminimalkan biaya produksi. Pabrik Tahu Susu Lembang merupakan salah satu perusahaan di bidang makanan dari kedelai yang berada di kota Bandung. Pabrik Tahu Susu Lembang selalu melakukan perbaikan secara berkesinambungan untuk mencapai kualitas produk yang baik dan memuaskan para konsumen. Berdasarkan data penjualan periode sebelumnya yang dimiliki oleh pihak Pabrik Tahu Susu Lembang, dilakukan perhitungan peramalan secara kuantitatif dengan menggunakan dua metode peramalan, yaitu Moving Average, Exponential Smoothing dan Least Square. Diketahui bahwa peramalan penjualan dengan menggunakan metode Exponential Smoothing pada konstanta α = 0,10 menghasilkan kesempatan yang hilang sebesar Rp. 8.150.000, sedangkan peramalan penjualan perusahaan dengan menggunakan metode kualitatif sebesar Rp. 40.950.000. Peramalan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam proses penyusunan perencanaan produksi. Berdasarkan analisis ramalan penjualan secara kuantitatif, strategi perencanaan produksi yang dianggap tidak memiliki kesempatan kehilangan penjualan dan cocok digunakan oleh Pabrik Tahu Susu Lembang adalah Chase Strategy. Disamping itu Pabrik Tahu Susu Lembang menentukan jumlah tahu susu yang diproduksi sesuai dengan penjualan yang didapatkan. Perencanaan produksi yang lebih terkoordinir perlu dilakukan, guna memprogram kegiatan produksi yang akan dijalankan. Kata kunci : Peramalan Penjualan, Perencanaan Produksi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen 2013 |
Depositing User: | nining widianingsih |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 04:58 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 04:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32785 |
Actions (login required)
View Item |