Reza Faizal, Alumni and Bukti Tarigan, DS and Agus Sentana, DS (2017) KARAKTERISASI MATERIAL AXLE SHAFT DUMP TRUCK TOYOTA DYNA KAPASITAS 7,5 TON. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
Text
BAB III PENGUMPULAN DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL DAN ANALISA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
Text
BAB II STUDI LITERATUR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
Abstract
Axle Shaft merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam bidang automotive, khususnya pada kendaraan dump truck yang menjadi kebutuhan masyarakat umum sebagai angkutan barang. Axle shaft ini berfungsi sebagai penopang beban dan penerus putaran dari diferential ke roda, Kriteria umum yang mendasari industri rancang bangun automotive yaitu berkekuatan tinggi, handal dan yang paling utama adalah ekonomis. Sifat-sifat mekanis suatu material konstruksi berhubungan dengan ketahanan material terhadap besarnya intensitas distribusi gaya dari luar pada saat kendaraan beroperasi. Oleh karena itu, para perancang dan pembuat automotive juga telah berupaya meningkatkan kualitas rancangan dengan cara mengoptimasi design. Meskipun demikian, kegagalan atau kerusakan suatu produk masih sering terjadi. Maka dari itu dilakukanlah karakterisasi material pada axle shaft untuk mengetahui sifat mekanik, proses pengerjaan dan komposisi kimia yang terdapat pada axle shaft yang nantinya akan menjadi masukan untuk industri – industri dalam negeri khususnya industri dalam bidang automotive kendaraan dump truck. Dari hasil penelitian ini diperkirakan bahwa jenis material axle shaft adalah baja karbon sedang dengan standar AISI 1345 pada axle shaft baru yang memiliki kandungan karbon sebesar 0.45% dan kandungan manganese sebesar 1,55% yang memiliki sifat keras, dan tahan gesekan. Sedangkan pada axle shaft yang sudah digunakan (bekas) adalah baja karbon sedang dengan standar AISI 1540 yang memiliki kandungan karbon sebesar 40% dan kandungan chromium sebesar 0,80% yang memiliki sifat ulet dan tahan terhadap korosi. Kemudian dari hasil pengujian kekerasan diperkirakan bahwa terdapat proses pengerasan permukaan (Surface Treatment) dengan kedalaman pengerasan sebesar 10 mm pada axle shaft baru dan 8 mm pada axle shaft yang sudah digunakan (bekas). Dan Menurut hasil pengujian metalografi mikroskopik maupun makroskopik diperkirakan bahwa axle shaft diproduksi dengan proses Hot Rolling, Forging, Surface Treatment, dan di finishing dengan proses Turning dari material yang sebelumnya berbentuk silindris. Kata Kunci : Axle Shaft, Hot Rolling, Forging, Surface Treatment.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2017 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 03:46 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 03:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32770 |
Actions (login required)
View Item |