PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Arahan Lor II Kabupaten Indramayu)

AZIS SUWENDA, 135060320 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Arahan Lor II Kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.ingrris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.sunda.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa serta rendahnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Arahan Lor II Kabupaten Indramayu. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah dan sebagai strategi dalam memperbaiki masalah pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas IV SDN Arahan Lor II yang berjumlah 25 orang siswa, 13 orang perempuan dan 12 orang laki-laki. Model penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata yang terlihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa serta observasi guru. Pada penilaian pengetahuan dengan melakukan pretest dan postest, nilai rata-rata siklus I yaitu pretest 58 dan postest 82,8, dan nilai rata-rata siklus II yaitu pretest 66 danpostest 90,8. Nilai rata-rata Pada penilaian sikap tanggung jawab dan disiplin Siklus I yaitu 74,6 dan 72, Siklus II yaitu 96 dan 91,3. Dan nilai rata-rata pada penilaian keterampilan siklus I yaitu 76, dan siklus II yaitu 95. Serta penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai 66,6 dan siklus II 83,86. Hal ini berarti telah terdapat adanya suatu perubahan peningkatan kualitas pembelajaran, maka dari itu dapat dikatakan berhasil. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran subtema sumber energi. Kata Kunci: hasil belajar, aktivitas, Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Feb 2018 03:31
Last Modified: 01 Feb 2018 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32761

Actions (login required)

View Item View Item