ENGARUH KONSENTRASI MALTODEKSTRIN DAN SUHU PENGERINGANP TERHADAP KARAKTERISTIK PEWARNA ALAMI DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss.) DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING

Rizky Mei Andani, Alumni and Hervelly, DS and Ela Turmala Sutrisno, DS (2017) ENGARUH KONSENTRASI MALTODEKSTRIN DAN SUHU PENGERINGANP TERHADAP KARAKTERISTIK PEWARNA ALAMI DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss.) DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
artikel.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian pembuatan serbuk pewarna alami untuk menentukan konsentrasi maltodekstrin dan suhu pengeringan pada pewarna serbuk alami daun bayam merah dengan metode foam-mat drying. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola Faktorial 3x3 dengan ulangan sebanyak 3 kali. Adapun faktor yang diteliti adalah konsentrasi maltodekstrin (A) sebanyak 3 taraf (a1 = 5%, a2 = 7,5%, a3 = 10%) dan suhu pengeringan (B) (b1 = 40°C, b2 = 50°C, b3 = 60°C). Respon yang diuji adalah kadar air (%), rendemen (%), kelarutan (%), warna dengan kolorimetri L* a* b*, λ maksimum, nilai Rf dan stabilitas warna. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan kosentrasi maltodekstrin yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap kelarutan serbuk pewarna dari daun bayam merah. Perlakuan variasi suhu pengeringan memberikan pengeruh nyata terhadap kadar air, intensitas kecerahan (L) dan intentitas warna kuning (b). Interaksi konsentrasi maltodekstrin dan suhu pengeringan memberikan pengaruh nyata terhadap intensitas warna merah (a). Perlakuan utama produk berpilih yaitu a3b2 (maltodekstrin 10% dan suhu pengeringan 50°C) menunjukkan serbuk pewarna alami dari daun bayam merah mengandung kadar air 4,37%, nilai kecerahan (L) 42,04, nilai kemerahan (a) 17,58 nilai kekuningan (b) 3,21, kelarutan 89,96%, λ 520 nm, nilai Rf 0,45, dan berdasarkan uji kestabilan pada suhu 27°C penyimpanan 7 hari memiliki kestabilan yang cukup baik. Kata Kunci : Pewarna Alami, Daun Bayam Merah, dan Antosianin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 01 Feb 2018 03:18
Last Modified: 01 Feb 2018 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32760

Actions (login required)

View Item View Item