PENGARUH PERBANDINGAN ASAM MALAT DAN NATRIUM BIKARBONAT TERHADAP KARAKTERISTIK TABLET EFFERVESCENT AMPAS BLACK MULBERRY (Morus nigra L)

RISA SADIYYAH HASNA, 133020310 and Yusman Taufik, DS (2018) PENGARUH PERBANDINGAN ASAM MALAT DAN NATRIUM BIKARBONAT TERHADAP KARAKTERISTIK TABLET EFFERVESCENT AMPAS BLACK MULBERRY (Morus nigra L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 1 revisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan asam malat dan natrium bikarbonat terhadap karakteristik effervescent ampas black mulberry. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan informasi bagi masyarakart dan juga pelaku industri dalam pemanfaatan dan penganekaragaman limbah dari hasil samping pengolahan sari buah black mulberry, sehingga dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan nilai ekonomis dari ampas black mulberry. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor dengan enam kali ulangan. Penelitian terdiri dari satu faktor, yaitu faktor perbandingan asam malat dan natrium bikarbonat (p) yang terdiri dari empat taraf, yaitu p1 (1:2), p2 (2:1), p3 (4:5), dan p4 (5:4). Respon yang digunakan dalam penelitian meliputi respon fisik yaitu waktu larut, respon kimia yaitu kadar air, kadar vitamin C, Kandungan Antosianin Total, Serat Kasar, dan pH, dan respon organoleptik yaitu warna, rasa, dan aroma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan asam malat dan natrium bikarbonat berpengaruh terhadap karakteristik effervescent ampas black mulberry meliputi respon kimia yaitu kadar vitamin C, kandungan antosianin total, dan pH, respon fisik yaitu waktu larut, dan respon organoleptik yaitu warna dan rasa. Tetapi tidak berpengaruh terhadap aroma, kadar air, dan serat kasar. Kata kunci : ampas black mulberry, asam malat, effervescent, natrium bikarbonat,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:20
Last Modified: 18 Mar 2021 05:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32740

Actions (login required)

View Item View Item