PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survey pada Pemerintah Kota Bandung )

Gina Nabilah Romanti, 144020204 (2018) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survey pada Pemerintah Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 bismillah.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 bismillah.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 bismillah.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengertian pengendalian internal adalah proses yang dijalankan oleh dewan komisaris, manajemen dan personel lain entitas yang didesain untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tiga golongan: a) Keandalan pelaporan keuangan, b) Efektivitas dan efisiensi operasi, c) Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku, karena hal tersebut menembus kegiatan operasional organisasi dan merupakan bagian internal dari kegiatan manajemen dasar. Pengendalian internal hanya dapat menyediakan keyakinan mem adai, bukan keyakinan mutlak. Pengertian pemanfaatan teknologi informasi bahwa teknologi informasi adalah suatu teknologi berbasis komputer untuk mengolah data menjadi informasi yang berkualitas sehingga berguna untuk pengambilan keputusan. Pengertian kapa sitas sumber daya manusia adalah daya yang bersumber dari manusia. Daya yang bersumber dari manusia ini dapat pula disebut tenaga atau kekuatan (energi atau power) yang melekat pada manusia itu sendiri dalam arti dapat ditunjukkan dalam hal tenaga, daya ke mampuan, kekuatan, keberadaan, peranan, wewenang, dan tanggung jawab memiliki kemampuan (competency) yaitu: pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), dan sikap (attitude). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian inte rnal, pemanfaatan teknologi informasi, kapasitas sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan. Unit penelitiannya adala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung dan sasaran penelitiannya adalah pegawai yang bekerja di bagian keuangan, sis tem pengendalian internal, teknologi informasi, sumber daya manusia Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung dengan jumlah sampel 25 orang. Jenis metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah bersifat deskriptif asosiatif. Metode deskri ptif adalah suatu metode dimana teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dilakukan memalui bentuk hipotesis yang diajukan berupa hipotesis asosiatif. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunju kkan bahwa sistem pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi, dan kapasitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan adalah sebesar 74,5%. Sedankan sisanya yaitu sebesar 25.5% merupakan pengaruh faktor lain diluar vari abel yang sedang diteliti. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Kualitas Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 31 Jan 2018 07:13
Last Modified: 31 Jan 2018 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32737

Actions (login required)

View Item View Item