Usulan Perbaikan Proses Bisnis Pada Aktivitas Sales Order Produk AC Central

BARA ADISULIANTO, 123010016 and Mohammad Syarwani, DS and Asep Toto Kartaman, DS (2018) Usulan Perbaikan Proses Bisnis Pada Aktivitas Sales Order Produk AC Central. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover bara.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Berdasarkan perkembangan dunia industri yang semakin pesat, seluruh perusahaan yang bergerak dalam sektor industri manufaktur dituntut untuk melakukan seluruh kegiatan bisnisnya secara efisien dan seefektif mungkin, agar pangsa pasar yang sudah dimiliki dapat dipertahankan maupun untuk merebut pangsa pasar baru. PT. Gita Mandiri Tehnik adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan AC Central dimana pada pembuatan AC Central ini terdapat dua jenis yang diproduksi, untuk bagian yang dijadikan pembahasan disini adalah pembuatan yang bersifat preorder dimana bentuk dan material yang dipilih dibuat oleh keinginan dari konsumen. PT. Gita Mandiri Tehnik belum memiliki suatu sistem informasi yang terintegrasi antar departemen, maka diperlukan adanya suatu acuan dalam alur pengembangan informasi untuk memudahkan dalam memetakan aliran informasi.terutama pada bagian penanganan order konsumen. Selain itu,masih terdapat proses yang tidak memiliki nilai tambah dan menimbulkan pemborosan pada penenganan order yang mengakibatkan proses tersebut menjadi lama. Pada proses pemetaan proses bisnis disini menggunaka IDEF 0 dan flow diagram untuk mengetahui aliran dari proses sedang berjalan saat ini di perusahaan. Sedangkan perbaikan pada proses dapat dilakukan dengan menggunakan konsep pendekatan Lean Manufacturing dan metode yang akan digunakan untuk proses implementasi lean manufacturing adalah Value Stream Mapping (VSM). Berdasarkan hasil pengolahan data untuk proses penanganan order dan proses pemetaannya diperoleh output informasi dalam persepsi proses bisnis Lalu hasil identifikasi pemborosan dengan menggunakan metode ESIA(Eliminate,Simplyfy,Integrate,Automate) untuk proses eliminate menunggu bukti bayar dan proses memilih material list dihilangkan untuk simplyfy proses input material penyebaran dan integrate proses pengisian form order konsumen proses yang diautomate adalah proses validasi material dan proses pengarsipan data konsumen. Selanjutnya dengan penggambaran dengan value stream mapping proses yang dibuat pada value steram current state keseluruhan waktu selama 30 hari 240 menit dengan waktu valeu added 11 hari 445 menit dan non value added 25 hari 120 menit sedangkan proses usulanpenanganan order dengan value stream mapping future state menjadi 16 hari 150 menit dengan waktu value added 10 hari 30 menit dan non value added selama 6 hari 120 menit Kata Kunci : Pemborosan, IDEF0, Flow Diagram, Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, ESIA(Eliminate,Simplyfy,Integrate,Automate) ,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2018 02:11
Last Modified: 31 Jan 2018 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32727

Actions (login required)

View Item View Item