PENGARUH KONSENTRASI MALTODEKSTRIN DAN TWEEN 80 TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK BUAH CARICA (VASCONCELLEA CUNDINAMARCENCIS) DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING

IRMA RACHMAWATI SUNDANI, 133020373 and Yusman Taufik, DS and Wisnu Cahyadi, DS (2018) PENGARUH KONSENTRASI MALTODEKSTRIN DAN TWEEN 80 TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK BUAH CARICA (VASCONCELLEA CUNDINAMARCENCIS) DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR, ABSTRAK FIX.docx

Download (52kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi maltodekstrin dan tween 80 terhadap karakteristik minuman serbuk buah carica yang dihasilkan, baik secara reson kimia, reson fisik mauun reson organoletik. Selain itu untuk mengetahui perlakuan penelitian terhadap minuman serbuk buah carica yang dihasilkan secara respon fisik, kimia, dan organoleptik. Manfaat penelitian ini bagi akademisi dapat menambah pengetahuan dan keteramilan tentang pemanfaatan buah carica sebagai bahan minuman serbuk, membantu petani dan pedagang berminat mengolah buah carica, dan dijadikan informasi tentag inovasi terbaru tentang minuman serbuk buah carica kepada masyarakat yang banyak mengandung nilai gizi. Metode Penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Rancangan analisis yang dilakukan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Faktor yang digunakan adalah konsentrasi maltodekstrin (5%, 10%, dan 15%) dan faktor tween 80 (0,5%, 1%, dan 1,5%). Respon pada penelitian ini meliputi srespon kimia , respon fisika, dan respon organoleptik. Respon kimia meliputi analisis kadar vitamin C dan kadar air, respon fisika meliputi uji waktu larut dan respon organoleptik uji skala hedonik, serta pada sampel terpilih dilakukan pengujian aktivitas antiokasidan, kadar betakaroten dan kadar gula total. Hasil analisis terhadap bahan baku carica terdapat aktivitas antioksidan 556,64 ppm, dan kadar betakaroten 0,08%. Hasil utama faktor maltodekstrin berpengaruh nyata terhadap waktu larut, kadar air, dan kadar vitamin c minuman serbuk buah carica. Hasil utama konsentrasi tween 80 berpengaruh nyata terhadap waktu larut, kadar air, dan kadar vitamin C minuman serbuk buah carica. Berdasarkan sifat organoleptik warna minuman serbuk, aroma minuman serbuk, dan rasa larutan, waktu larut, dan analisis kadar air, kadar abu, dan vitamin C, didapatkan sampel yang terpilih yaitu minuman serbuk buah carica dengan perlakuan m1t3 ( konsentrasi maltodekstrin 5% dan konsentrasi tween 80 1,5% ) dengan kecepatan larut sebesar 13,44/detik, kadar Vitamin C sebesar 58,53 mg/ 100 gram, kadar abu sebesar 0,17, dan kadar air sebesar 5,03%, organoleptik terhadap atribut warna suka, atribut terhadap aroma suka, dan atribut terhadap rasa suka, serta aktivitas antioksidan sebesar 7604,506 ppm, kadar betakaroten sebesar 0,08%, dan kadar gula total sebesar 52,43% Kata Kunci : Buah Carica, Konsentrasi Maltodekstrin, Konsentrasi Tween 80, Minuman Serbuk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 30 Jan 2018 07:34
Last Modified: 18 Mar 2021 05:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32701

Actions (login required)

View Item View Item