HILLSA OKTAVINA FITRIA, 133040207 and Mellia Liyanthy, Ds (2018) PENGEMBANGAN GAME COOPERATIVE UNTUK ORANG TUA DAN ANAK MENGGUNAKAN UNITY ENGINE. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
133040207_abstrak_20171.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
133040207_bab1_20171.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
133040207_Cover_20171.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Game (Permainan) adalah suatu bentuk penyesuaian diri manusia yang sangat berguna menolong anak menguasai kecemasan dan konflik, sebagai cara belajar yang mengasyikan dan menyenangkan. Gameplay Cooperative (sering disingkat sebagai co-op) adalah kategori dalam video game yang memungkinkan pemain untuk bekerja sama sebagai rekan tim, biasanya terhadap satu atau lebih lawan AI (Artificial intelligence). Parenting (pola asuh anak) adalah proses membesarkan dan mendukung perkembangan fisik dan mental yang juga meliputi emosional, sosial, spiritual dan intelektual anak dari bayi hingga dewasa.Tentu saja tujuannya untuk menghasilkan generasi muda atau anak-anak yang cerdas, bukan saja cerdas intelektual tetapi juga cerdas emosional dan spiritualnya. Gaya pengasuhan anak pun memiliki peranan penting, anak yang mendapatkan pengasuhan yang baik, biasanya juga memiliki budi pekerti dan sopan santun yang baik dalam masyarakat. Perkembangan teknologi yang pesat membuat orang tua maupun anak lebih memilih untuk menghabiskan waktu mereka menggunakan gadget, sehingga terjadilah gap antara orang tua dan anak. Game Cooperative dibuat dengan metode GDLC (Game Development Life Cycle), yang diawali tahap inisiasi yang berisikan konsep awal untuk pembuatan game.Tahap kedua pra – produksi berisikan desain game. Tahap ketiga produksi berisikan penciptaan aset, pembuatan kode sumber, dan integrasi kedua elemen dan tahap keempat testing (Pengujian) berisikan menguji kegunaan game. Tools (alat) yang digunakan untuk membangun game ini adalah Unity Engine. Unity Engine memiliki power yang cukup untuk membangun game 3D dengan komponen – komponen dasar Unity seperti network sehingga mempermudah dalam pembangunan game cooperative. Hasil dari tugas akhir ini berupa game cooperative bergenre adventure yang bernama Digitaler Spielplatz. Digitaler Spielplatz dikembangkan untuk membantu orang tua dan anak dalam hal komunikasi dan bekerja sama dengan cara menyelesaikan tantangan – tantangan yang ada di dalam game. Level – level yang telah di desain tidak semua dapat di implementasikan, dikarenakan adanya keterbatasan pemahaman pada Unity Engine. Kata kunci: Game Cooperative, Parenting, Unity Engine.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 30 Jan 2018 04:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2018 04:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32678 |
Actions (login required)
View Item |